Pertamina Bantu Peningkatan Ekonomi di Masa Bencana Covid-19, Hadirkan Pertashop

Peresmian Pertashop di Sumbar (Foto: pertamina.com)

Advertisements

Padang, PADANG-TODAY.com-Kali ini Pertamina sebagai perusahaan nasional harus lebih sungguh-sungguh. Betapa tidak, bencana Covid-19 telah merontokkan ekonomi masyarakat. Selaku perusahaan yang punya tagline 2020, ”Ketulusan Untuk Melayani” Pertamina harus punya strategi dan infiltrasi ke program-program ekonomi masyarakat.

Selain telah ikut membantu di pengadaan dan penyebaran alat pelindung diri dan alat rapid tes di berbagai Rumah Sakit Rujukan dan fasilitas kesehatan, Pertamina terus melayani. Khusus masalah ekonomi warga yang terdampak bencana Covid-19 ini, Pertamina telah membangun Pertashop baru.

Pertashop yang diresmikan Jumat, 24 Juli 2020 lalu ini, punya akses baik bagi masyarakat, dikelola oleh nagari setempat. Oleh Marketing Operation Region (MOR) I hadirkan tujuh Pertashop di Kabupaten Padang Pariaman Sumbar. Diresmikannya Pertashop yang menjual Pertamax sama harganya dengan SPBU sangat mendukung kinerja ekonomi masyarakat di daerah ini.

“Pertashop ini berlokasi di Nagari Sungai Durian, Pakandangan, Ulakan Tapakis, Kuranji Hilir, Parit Malintang, III Koto Aur Malintang, Tanjung Gadang,” tutur Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, Jumat (24/7/2020). Kebutuhan stok Pertashop Kabupaten Padang Pariaman dipasok dari Integrated Terminal Teluk Kabung, Padang.

Akibat bencana Covid-19 pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat mengalami perlambatan atau turun pertumbuhannya. Data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Sumbar di triwulan I 2020 hanya 3,92 persen. Angka ini mengalami penurunan 2,62 persen dibandingkan triwulan I 2019 yang tumbuh sebesar 4,85 persen.

“Kami selaku pengelola Pertashop, bisa memperoleh sumber pendapatan baru. Apalagi kalau warga menjadi terbiasa pakai Pertamax, makin tambah pemasukan nagari,” kata Nasyaruddin, Wali Nagari Pakandangan. Informasi disebutkan bahwa untuk bulan Mei terjadi peningkatan pasokan Pertamax di Sumatera Barat 18,59 persen.

Harapan Sumbar dengan beroperasinya Pertashop akan mendukung perekonomian Sumbar melalui pendapatan asli daerah (PAD) berupa pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB). ”Tahun 2019, Pertamina MOR I menyumbangkan PBBKB sebesar 430 Miliar Rupiah untuk masyarakat Sumbar. Setoran PBBKB itu meningkat dibanding tahun 2018 yang mencapai 398 Miliar Rupiah.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*