Pertolongan Yang Harus Diberikan Pada Anak Demam

Pertolongan Yang Harus Diberikan Pada Anak Demam

Pertolongan Yang Harus Diberikan Pada Anak Demam

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Demam memang remeh, tapi jangan selalu diremehkan. Tak perlu tiap kali demam anak dibawa ke dokter, tapi juga jangan kebanyakan coba-coba diobati sendiri.

Dikatakan demam jika suhu tubuh mengalami kenaikan hingga melewati batas normal. Berapa normalnya? Sekitar 36,5 – 37,5 derajat celcius. Nah, kalau sudah lewat 37,5 derajat celcius berarti demam. Tentu untuk memastikan si kecil demam atau tidak, kita harus mengukur suhu tubuhnya. Pakailah termometer, jangan cuma diukur pakai telapak tangan saja.

Demam merupakan gejala dan biasanya merupakan mekanisme pertahanan tubuh alamiah. Jika ada suatu zat atau benda asing, seperti virus atau bakteri, masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi melindungi diri.

Berikut adalah beberapa cara menurunkan demam.

1. Ukur suhu tubuh anak. Lakukan pengukuran di ketiak menggunakan termometer digital. Termometer air raksa memang lebih akurat, tetapi karena terbuat dari kaca, sering kali beresiko pecah dan melukai anak. Selain itu pengukuran dengan termometer air raksa relatif lebih lama. Oleh karena itu, penggunaan termometer air raksa tidak begitu dianjurkan lagi bagi orangtua. Ukurlah suhu tubuh anak setiap 4 jam dan catat setiap perubahannya.

2. Berikan obat penurun panas bila suhunya di atas 38 derajat celcius. Atau, bila akibat demam, anak menunjukkan gejala: rewel, tampak menderita, tak mau makan-minum, pegal-pegal atau sakit badan, sakit kepala, dan lainnya. Obat penurun panas yang sesuai untuk hampir semua penyakit anak adalah parasetamol/asetaminofen.

3. Lakukan juga kompres air hangat bila demamnya sampai di atas 39 derajat celcius. Makin tinggi suhu tubuhnya, makin hangat air kompresnya tapi tidak melebihi suhu tubuh anak.

4. Tempatkan anak di suhu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Kenakan pakaian/selimut tipis, jangan yang tebal.

5. Beri anak minum banyak cairan agar tak terjadi dehidrasi. Beri anak makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6. Segera bawa ke dokter bila sang buah hati menunjukkan salah satu atau lebih gejala berikut:
– Dalam 1-2 hari dengan upaya-upaya di atas, demam hilang-timbul atau malah tak berangsur hilang.
– Demam mencapai suhu di atas 39 derajat celcius, meski pun baru sehari. Hal ini menunjukkan keadaan infeksi berat dan perlu pertolongan dokter secepatnya.
– Demam disertai kejang, gelisah, sesak, kuduk kaku, dan kesadaran mulai terganggu. Ini merupakan gejala penyakit serius.
– Anak tampak sakit, lemas, tak mau makan-minum, tidak pipis dalam kurun waktu 4-6 jam. Dikhawatirkan ia kekurangan cairan atau dehidrasi.
– Demam menyerang bayi kecil atau anak dengan kelainan bawaan, seperti kelainan jantung, paru, atau ginjal.

(lka/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*