Pertukaran Uang Di Pasar Digital Kubu Gadang Menjadi Daya Tarik Tersendiri

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pertukaran uang (dari uang biasa jadi koin yang terbuat dari kayu) menjadi daya tarik tersendiri yang dihadirkan masyarakat Desa Kubu Gadang dalam acara Pencanangan Destinasi Digital, Minggu (28/10).Berbondong-bondong masyarakat memadati pasar digital, terlebih lagi disana telah disiapkan spot-spot untuk berfoto dan tentunya tidak kalah menarik dari spot-spot yang ada di daerah lain.

Siapa sangka pasar ini membuat nuansa pasar tradisional namun kekinian, dimana mulai dari pakaian, cara bicara bahkan uang yang di pakai untuk belanja pun memakai uang koin.

Koin ini ditukarkan dahulu oleh pendatang dengan uang rupiah biasa dan nanti nominalnya yang 50 ribu menjadi “50 piak” ada juga yang 10 ribu jadi “10 piak” begitu juga dengan 20 ribu menjadi “20 piak”.

“Waduh tidak bisa belanja sama uang biasa kita yah, harus ditukarkan dulu baru kita bisa belanja di pasar ini,” kata Fadly Amran yan saat itu sedang menukarkan uang 50 ribu rupiah menjadi 50 piak didampingi Deputi Kementerian Pariwisata Bidang Pengembangan dan Pemasaran Eti Sulistijowati.

Unik dan menarik juga kalau seperti ini, rasa kembali lagi ke zaman dahulu, semoga ini dipertahankan dan akan membuat daerah lain tertarik untuk mencobanya, ujar Fadly Amran.

Begitu juga dengan salah seorang masyarakat yang mau belanja dengan uang biasa namun ditolak oleh pedagang disana.

“Kok gak mau ibuk nerima uang saya”, kata ibu tersebut.

“Mohon maaf ibu uang nya ditukarkan dulu di depan sana, karena kami tidak menerima uang biasa disini”, ujar salah seorang pedagang.

Wah bagus sekali ya disini ada pertukaran uang dulu, dan uangnya pun unik seperti uang zaman nenek moyang dahulu, ujar ibu itu sembari tersenyum manis. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*