Perwakilan Tegal Tunggal Berhasil Melaju ke Semi Final Indonesia Men’s Future

Ilustrasi tennis.

Ilustrasi tennis.

Tegal, PADANGTODAY.COM-David Agung Susanto (ATP 1692) menjadi petenis tuan rumah semata wayang yang berhasil melaju ke semi final Indonesia Men’s Future bertajuk Walikota Tegal Open 2015 setelah favorit utama, Christopher Rungkat tersungkur.

David mampu membungkam wakil Jepang, Sora Fukuda (1442) pada laga perempat final yang berlangsung di lapangan tenis Kompleks GOR Wisanggeni Kota Tegal, Jumat (10/4/2015).

Penerima wild card ini mengalahkan last accepted player atau petenis dengan peringkat terendah yang langsung masuk babak utama itu dengan straight set 6-4 6-3. Kedua petenis bermain alot sejak awal set pertama hingga David mampu melakukan break atau mematahkan service lawan di gim ketujuh untuk memimpin 4-3 dan menutup set pembuka dengan skor 6-4.

“Saya bersyukur bisa menang hari ini. Saya puas dengan hasil karena menang namun tetap tidak puas melihat permainan hari ini. Masih banyak membuat double fault di sepanjang pertandingan,” tutur petenis kelahiran Semarang, 21 Juli 1991 ini.

Set kedua, keadaan tidak bertambah baik bagi David. Dia malah terkena break lawan pada awal permainan. “Rasa percaya diri saya makin hilang, untungnya lawan juga banyak membuat kesalahan sendiri. Saya berusaha fokus saja menyelamatkan poin demi poin dan tak lagi memikirkan angka yang telah hilang. Titik baliknya saat saya bisa break untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di set kedua,” papar David, petenis yang dipersiapkan membela Indonesia di ajang SEA Games 2015 di Singapura, Juni nanti.

Sayangnya, kegemilangan David tidak diikuti andalan tim Merah Putih, Christopher Rungkat. Unggulan kelima berperingkat 579 dunia itu harus mengakui ketangguhan unggulan keempat asal Korea Selatan, Duck He Lee (470) 3-6 1-6.

“Memang bagus lawan saya. Dan permukaan lapangan yang berkarakter cepat seperti di Tegal ini menjadi panggung yang sempurna untuk petenis bertipe baseliner hard hitter seperti dia,” ungkap Christo, sportif.

Pada semi final tunggal yang digelar, Sabtu (11/4), Duck Hee Lee akan menghadapi David Agung Susanto. Sedangkan partai empat besar lainnya, mempertemukan petenis Selandia Baru, Finn Tearney (957) yang menantang unggulan kedua berperingkat 396 asal Jepang, Shuichi Sekiguchi.

“Besok saya akan berusaha fight saja, tidak banyak melakukan unforced error atau mati sendiri. Tetap fokus dan berupaya mencari celah untuk menggapai kemenangan,” ujar David.

Sejauh ini, mampu bertahan hingga semi final adalah hasil terbaik yang pernah diraih David dalam mengikuti turnamen internasional ITF Pro Circuit yang dilakoninya sejak 2007.

Gagal di tunggal, Christo masih menyimpan harapan mengais gelar nomor ganda berpasangan dengan petenis Jepang, Toshihide Matsui. Duet unggulan teratas itu melangkah ke final setelah menyudahi perlawanan ganda Taiwan, Chih Jen Ho/Jui Chen Hung 6-2 7-6(5).

Pada final turnamen dalam rangka perayaan ulang tahun ke-435 Kota Tegal ini, mereka akan meladeni ganda yang juga menjadi tulang punggung tim Piala Davis Indonesia, Aditya Hari Sasongko dan Sunu Wahyu Trijati.

Pada semi final yang dimainkan Jumat (10/4), Adit dan Sunu secara mengejutkan mampu menjungkalkan unggulan ketiga Kelsey Stevenson (Kanada)/Chieh Fu Wang (Taiwan) 7-5 6-3.

HASIL LENGKAP
Jumat (10/4)
Tunggal
David Agung Susanto (WC) v Sora Fukuda (Jepang) 6-4 6-3
Duck Hee Lee (4/Korea Selatan) v Christopher Rungkat (5) 6-3 6-1
Finn Tearney (Selandia Baru) v Chieh Fu Wang (Taiwan) 7-6(3) 6-4
Shuichi Sekiguchi (2/Jepang) v Jeson Patrombon (Q/Filipina) 6-2 6-0

Ganda
Toshihide Matsui (Jepang)/Christopher Rungkat (1) v Chih Jen Ho (4)/Jui Chen Hung (Taiwan) 6-2 7-6(5)
Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati v Kelsey Stevenson (3/Kanada)/Chieh Fu Wang (Taiwan) 7-5 6-3

JADWAL
Sabtu (11/4)
Semi Final Tunggal, mulai 11.00
David Agung Susanto (WC) v Duck Hee Lee (4/Korea Selatan)
Finn Tearney (Selandia Baru) v Shuichi Sekiguchi (2/Jepang)
Final Ganda, mulai 14.00
Toshihide Matsui (Jepang)/Christopher Rungkat (1) v Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati

(ts/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*