Pesan Presiden IRF Soal Arum Jeram Di Geopark Silokek

Padang-today.com –  Joseph Willis Jones Presiden International Rafting Federation (IRF) berpesan untuk tetap menjaga kebersihan sungai di kawasan Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

    “Tetap jaga alam, jangan ada sampah, air tetap jernih sungai tetap jernih, jangan ada orang melakukan penambangan baik sekitar sungai maupun dari hulu sungai,”kata Joseph Willis Jones Presiden International Rafting Federation (IRF) ketika di Padang.

    Menurut dia,  aktivitas tambang emas ilegal maupun tambang lainnya harus dilarang oleh pemerintah, sampah plastik jangan dibuang ke dalam sungai maupun sekitar lokasi Geopark Silokek.

    “Ini untuk menjaga kemurnian air di Silokek, orang lebih suka untuk melihat air jernih, hutan terawat alami adanya kicauan burung di pepohonan,”pungkas dia.

    Lokasi Arum jeram Geopark Silokek sangat berbeda dari negara lain yang pernah dikunjungi.

    “Geopark Silokek cukup bagus dan alami, keindahan betul-betul alami, jadi untuk itu jangan ada merusak alam yang cukup asri,”pungkas dia.

   Joseph menambahkan, semua keindahan alam itu bisa disaksikan dan diabadikan melalui kamera.

   “Geopark Silokek ini tidak saja untuk Arum jeram, bisa juga olahraga panjat tebing, tracking,tapi jangan rusak alam yang cukup alami di Silokek,”ujar dia.

Joseph Willis Jones sangat bangga dengan semangat dan dukungan masyarakat Sijunjung terhadap kegiatan ini. Budaya di Sijunjung dengan memperhatikan nilai nilai budaya dan juga etika. Sijunjung memiliki karya budaya yang sangat terpelihara.

“Saya sangat memperhatikan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya di Minangkabau, apalagi saya langsung merasakan kehidupan tersebut, sebab kegiatan ini menetapkan Kampung Adat Nagari Sijunjung sebagai tempat tinggal dan juga hiburan kesenian bagi semua, panitia, juri dan peserta Silokek Rafting World Cup 2019,”pungkas dia.

Joseph berharap: Iven Arum jeram rutin digelar. Iven Arum jeram lebih bagus di Silokek.

   “Ini harus ada suport dari pemerintah, sponsor untuk rutin gelar Arum jeram,”imbuh dia.

  Sementara itu Christel Bekker Poeth Sekretaris Dutch Rafting federation mengungkapkan, Iven Arum jeram membawa makna dan harapan untuk selalu menjaga alam dan isinya supaya kelestariannya selalu seimbang baik alam dan penghuninya, sungai itu adalah kehidupan.

   “Manusia membutuhkan sungai. Jadilah teman bagi alam dengan selalu merawatnya,”kata dia.

  Christel Bekker Poeth meminta, masyarakat dapat menjaga sungai karena sungai adalah sumber kehidupan yang dibutuhkan oleh makluk hidup.

  “Dalam kegiatan ini saya berharap Indonesia dapat menjaga sungai karena sungai merupakan suber kehidupan kita bersama,” ucapnya.

 Janga buang sampah sembarang, jika sampah berserakan di sungai ini tidak baik bagi kesehatan masyarakat. Ajarkan sejak dini pada anak untuk menjaga kebersihan sungai, jangan buang sampah sembarangan.

  “Kami sangat peduli dengan kebersihan dan kesehatan,”tutur Christel Bekker Poeth.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas