Pesawat di Palembang delay tiap hari Kemenhub sebut agar selamat

pesawat-di-palembang-delay-tiap-hari-kemenhub-sebut-agar-selama

PADANGTODAY.com-Kementerian Perhubungan mengaku segera menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) yang mengingatkan setiap pilot agar berhati-hati saat melayani penerbangan dari dan menuju Palembang.

Penanganan sementara dari otoritas perhubungan menjadi penyebab rutin terjadi keterlambatan penerbangandi wilayah tersebut beberapa hari terakhir.

“Itu untuk keselamatan,” kata Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan Bambang Susantono, di Jakarta, Jumat (3/10).

Tak hanya NOTAM, Kemenhub juga akan rutin memutakhirkan data jarak pandang. Intinya, Bambang menjamin Pelayanan Lalu Lintas Udara (PLLU) di wilayah yang terlanda kabut asap akan dimaksimalkan.

“Intinya mengatur kembali take off landing. Kan ada aturannya,” ujarnya.

Sejauh ini, Kemenhub belum akan mendesak keterlibatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bambang melihat pemerintah daerah sudah berusaha keras menanggulangi kabut asap tersebut.

“Itu semua sudah berusaha enggak ada yang mau asap kan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumsel makin pekat. Kondisi itu membuat penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang terganggu.

Plt GM Angkasa Pura II Palembang, Husein, mengungkapkan, setidaknya ada tiga sampai empat flight (penerbangan) maskapai yang mengalami delay. Delay ini terjadi pada penerbangan mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB lantaran jarak pandang di landasan pacu bandara hanya 300-500 meter.

“Sejak kabut asap makin pekat, memang tiap pagi penerbangan di Palembang mengalami delay. Ada tiga atau empat penerbangan setiap harinya,” ungkap Husein, Kamis (2/10).

Penerbangan kembali normal mulai pukul 07.00 WIB ke atas saat jarak pandang bertambah di angka 3.000-4.000 meter.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*