Petani Enam Lingkung Hasilkan VCO

Padangpariaman, PADANGTODAY.com – Masyarakat petani di Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman saat ini rutin mengolah buah kelapa menjadi minyak. Mulai dari mengolah menjadi minyak tanah kelapa sampai kepada Virgin Coconut Oil (VCO).

Advertisements

“Kita sebelumnya telah memberikan pelatihan kepada masyarakat yang ada dalam Kecamatan Enam Lingkung. Bahkan kita telah membentuk kelompok VCO,” kata Alfi Azriman salah seorang pelatih masyarakat membuat VCO, Kamis (7/08).

Kegunaan VCO ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Mulai dari anti kanker dan juga dapat mencegah obesitas serta berbagai jenis penyakit lainnya. Namun, saat dirinya memberikan pelatihan masyarakat diminta hati-hati melakukan penyaringan.

“Sebab, kualitas VCO ditentukan dengan bagaimana masyarakat menyaring minyak kelapa dengan baik. Sehingga hasilnya tidak banyak mengandung kadar air. Kalau hasil saringan bagus tentu kualitas VCO untuk obat herbal bagi manusia semakin baik,” ujarnya.

Akan tetapi katanya, dirinya sebagai orang yang mengajar masyarakat ini masih kesulitan dalam memasarkan produksi VCO. Meski ada, tapi harga masih murah. “Kalau murah tentu tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan masyarakat,” ujarnya.

Katanya, harga per liter VCO sekarang masih berkisar dibeli pedagang Rp 30 sampai 35 ribu. Padahal, harga yangt pas dan tepat agar biaya operasional masyarakat yang membuat keluar sebanyak Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu.

“Tapi, kita berharap harga tersebut akan naik, karena manfaat dari VCO ini sangat baik untuk kesehatan manusia. Kita akan bangun sebuah outlet untuk memajangan VCO di jalan Padang-Bukittinggi atau dekat dengan kantor Bupati Padangpariaman,” katanya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*