Petani Peternak Bergairah melalui Program Tri Arga Model

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Walikota Riza Falepi dan Bupati Ifendi Arbi melihat seeokar simental yang akan dikembangkan lewat program Tri Arga Model, kepada petani Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Walikota Riza Falepi dan Bupati Ifendi Arbi melihat seeokar simental yang akan dikembangkan lewat program Tri Arga Model, kepada petani Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dengan diluncurkannya program Tri Arga Model oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Payakumbuh pada Selasa (17/5), para petani di Payakumbuh makin  bergairah untuk beternak.

Melihat potensi tersebut, Walikota H. Riza Falepi meminta SKPD terkait lebih agresif melakukan sosialisasi.  SKPD diharapkan dapat merangkul peternak untuk menyiapkan lahan  hijauan sebagai tempat pakan ternak dimaksud.

Walikota Riza Falepi menginformasikan, program Tri Arga Model merupakan sebuah bentuk investasi usaha sapi potong yang dirancang bagi hasil yang lebih besar buat petani peternak. Pemilik modal hanya mendapat 30%, sedangkan peternak mendapat 70% dari keuntungan. Petani peternak juga dilindungi dengan asuransi dari PT Jasindo dalam menjalankan usaha dimaksud.

Hal tersebut disampaikan Walikota saat dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (19/5).

Untuk mengembangkan usaha tersebut, peternakan dilakukan secara kelompok. Bagi kelompok peternak yang sudah ada, dapat memproses kerjasama usaha dengan pemilik modal yang menjalani program Tri Arga Model. Kelompok peternak atau petani perorangan diminta sudah memulai membudidayakan rumput gajah atau hijauan lainnya dari sekarang sebagai pakan ternak tersebut. Satu paket program dengan 5 sapi.

Dikatakan bahwa tidak hanya Payakumbuh yang menjadi daerah sasaran Tri Arga Model, tapi juga lima kota dan kabupaten lainnya disekitar Gunung Merapi dan Singgalang. Lima daerah lainnya yakni Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padangpanjang, Bukittinggi dan Kabupaten Agam Bagian Timur.

Bagi Payakumbuh sendiri, kata Walikota H. Riza Falepi, program cluster sapi melalui Tri Arga Model, sangat strategis sekali dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Selain telah memiliki rumah potong hewan modern (RPHM) yang direncanakan bakal beroperasi akhir tahun ini, Payakumbuh juga sudah memiliki Fakultas Peternakan Unand yang akan bersinergi dengan pihak RPHM dan Pemko dalam peningkatan program peternakan ke depan.

Menurut Walikota, program tersebut merupakan peluang usaha yang bakal mempercepat  peningkatan kesejahteraan. Tinggal lagi, bagaimana masyarakat Payakumbuh menyambut positif program dimaksud.

Kadis  Peternakan dan Perikanan Payakumbuh, Depi Sastra dan jajarannya diminta Walikota untuk gencar melakukan sosialisasi. Sehingga begitu program diaplikasikan,  seluruh petani sudah siap dan tak gagap menerima program, dimaksud.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas