Petingnya Penerapan Program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh di Kecamatan Tanjungmutiara

Agam, PADANGTODAY.COM-Agam merupakan salah satu dari 22 kabupaten kota di indonesia yang mendapatkan program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh, dimana Kabupaten Agam memiliki wilayah pesisir yang cukup panjang, lebih kurang, sepanjang 43 Km mulai dari jorong, Subang-Subang, di Kenagarian Tiku Limo Jorong, sampai jorong Gasan Kaciak, Kenagarian Tiku Selatan di Kecamatan Tanjung Mutiara. Oleh sebab itu program pengembangan kawasan pesisir tangguh ini harus dimaksimalkan sesuai dengan sasaran dan tujuannya.

Hal itu seperti dikatakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Kabupaten Agam, Isman Imran beberapa waktu lalu. Isman Imran menjelaskan bahwa wilayah pesisir di Agam sangat rentan dengan kondisi lingkungan kesehatan yang kurang memadai, serta rawan terhadap bencana alam. Sehingga melalui berbagai sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat khususnya pihak Kecamatan, Muspika dan kelompok nelayan Tiku akan pentingnya program Program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh (PKPT) diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan kualitas pesisir yang berada di Kabupaten Agam menjadi desa yang tangguh dalam segala bidang.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Kabupaten Agam, Ermanto mengatakan, pada prinsipnya PKPT bertujuan untuk menata dan meningkatkan, kehidupan desa pesisir yang berbasis masyarakat. Kemudian, kegiatan ini bisa menghasilkan Output secara fisik, yang memberikan manfaat riil bagi masyarakat pesisir.

” Program ini sangat penting karena dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dan perubahan iklim di kawasan pesisir. Selanjutnya, memfasilitasi kegiatan pembangunan prasarana sosial ekonomi di kawasan pesisir, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kawasan pesisir” kata Ermanto.

(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas