Petugas Kebersihan Asal-asalan, Sampah di TPSA Manggih Menggunung Hingga Tutupi Badan Jalan

Tumpukan Sampah yang menyelimuti badan jalan TPSA Manggih Agam.

Tumpukan Sampah yang menyelimuti badan jalan TPSA Manggih Agam.

AGAM, PADANGTODAY.com-Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPSA) Manggih Kecamatan Lubukbasung Kabupaten Agam, mulai menggunung hingga meluber dan berserakan ke jalan raya.

Dari pantauan padangtoday.com ke TPSA Manggih, Selasa (21/10), tampak pemandangan yang sangat mengganggu mata ketika melewati tempat tersebut, belum lagi aroma busuk yang sangat menusuk hidung. Di lokasi tempat penampungan sampah tersebut terlihat tumpukan sampah yang mulai menggunung dan berserakan hingga ke badan jalan perlintasan Batu Kambing- Lubukbasung. Hal semacam ini sangat mengganggu para pengguna jalan yang melewati jalan tersebut, karena badan jalan menjadi sempit akibat tumpukan jalan yang telah memenuhi sebagian jalan raya.

Salah seorang warga ketika di tanya padangtoday.com di lokasi mengatakan, bahwa kondisi ini sangat mengganggu aktifitas warga yang melewati jalan tersebut, karena jalan itu merupakan penghubung antar kecamatan yakni Kecamatan Lubukbasung dengan kecamatan Palembayan melalui Batu Kambing, sehingga pada saat melewati jalan di tepi tempat penampungan sampah tersebut, warga harus ekstra hati-hati, karena arus lalu lintas hanya dapat dilalui satu arah akibat penyempitan oleh sampah yang menutupi jalan.

“Kalau seperti ini kejadiannya, dimana kinerja pihak pengelola kebersihan di kabupaten Agam yang hanya bisa menumpuk sampah saja, tanpa menghiraukan dampak dari tumpukan sampah yang asal-asalan tersebut. Pernah beberapa hari yang lalu, ada salah seorang pengendara sepeda motor yang jatuh akibat motornya tersangkut oleh sampah yang telah menutupi badan jalan. kalau seperti ini siapa yang bertanggung jawab? ” kata Eliwati, salah seorang warga.

Eliwati menambahkan, harusnya Pemerintah Daerah Kabupaten Agam melalui Dinasnya terus meningkatkan kinerja pengelolaan sampah dan kebersihan, bukan semakin hari kinerjanya semakin memburuk.

” Pemkab Agam kan mempunyai dinas yang mengurusi sampah ini, harusnya pihak terkait yang mengurusi sampah ini benar-benar bekerja dengan baik, jangan bisa nya hanya menumpuk sampah saja di lokasi ini, namun tidak memikirkan dampak yang sangat merugikan para pengguna jalan raya yang tiap hari melewati jalan ini” tambahnya dengan nada kesal.

Sementara itu, saat padangtoday.com menghubungi Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam Azwir, guna mengkonfirmsi tentang adanya sampah yang meluber ke bahu jalan di TPSA Manggih, telpon genggamnya tidak aktif.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*