Piala Emas Futsal Indonesia, PON Sumbar Dikalahkan Juara Bertahan

akango-768x527PADANGTODAY.COM -Dua mantan pemain PON Sumbar, Randi Satria dan Ade Andika memberikan bekal berharga bagi junior nya jelang turun di arena PON yang akan ditabuh di Jawa Barat, September.

Advertisements

Pelajaran berharga yang diberikan dua punggawa PON 2012 ini, kala berlaga dalam turnamen Piala Emas Futsal Indonesia, di GOR Ciracas Jakarta Timur Rabu (3/8), di mana dalam pertandingan ketiga babak penyisihan Grup C, mereka yang memperkuat tim Cosmo, Futsal PON Sumbar harus mengakui keunggulan juara bertahan turnamen ini dengan skor 2-6.

Kekalahan tersebut, membuat peluang Sumbar lolos ke babak 8 besar semakin sulit, meski masih menyisakan satu laga melawan PON Papua Barat, Kamis malam ini. Sumbar dari tiga laga baru mencatat satu kali kemenangan, saat melawan Tupessy FC Depok dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan yang molor dari jadwal itu, dan kick off baru mulai pukul 22.30 WIB itu, Sumbar memang terlihat sulit meredam tim Cosmo yang diisi oleh pemain-pemain senior berpengalaman, dan semuanya bermain di Liga Pro.

Sistem main zona dan mengandalkan serangan balik yang diterapkan pelatih Ronny Doang dan Yudhi Fatra ternyata tak cukup ampuh meredam Cosmo yang juga diperkuat dua pemain pro asal Sumbar, Randi Satria dan Ade Andyka.

Babak pertama pun Cosmo sudah unggul 4-1, dengan tiga gol diborong oleh Farhan Mujahidin menit 4, 9, dan 15, serta satu gol dari Randi Satria menit ke-18. Sumbar hanya mampu membalas satu gol melalui Anggi Hidayatullah menit ke-17.

Di babak kedua Sumbar merubah strategi dengan menerapkan permainan full press dan langsung man to man marking. Startegi ini lumayan berhasil meredam dan mengimbangi permainan Cosmo, karena Sumbar lebih unggul dalam stamina.

Kendati belum mampu menghindarkan diri dari kekalahan, di babak kedua Cosmo hanya mampu mencetak dua gol melalui Farhan dan Deny Handoyo. Sedangkan Sumbar berhasil mencetak satu gol, lagi-lagi melalui Anggi Hidayatullah.

Dengan tambahan dua golnya, Anggi kini sudah mencetak empat gol. Dua gol lainnya diborong saat mengalahkan Tupessy FC Depok. Selain Anggi, pemain Sumbar yang sudah mencetak gol di tiga laga yang sudah dimainkan adalah Efrinaldi dan M. Sanjaya, masing-masing satu gol.

Laga terakhir melawan PON Papua Barat, yang dimulai pukul 18.30 WIB Kamis ini, akan menjadi laga terakhir Sumbar. Laga ini akan menjadi laga yang menarik, karena bisa jadi ini adalah pemanasan bagi kedua tim jelang turun di PON XX 2016 di Bandung, bulan depan.

Papua Barat adalah kekuatan baru futsal Indonesia, dan pemainnya juga banyak yang bermain di klub Black Steel Manokwari Papua Barat yang tampil sebagai juara Liga Pro Futsal Indonesia 2016.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*