Pihak Kremlin Membantah Rumor dan Menyatakan Putin Dalam Kondisi Sehat

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Beredar rumor bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sedang sakit. Namun pihak Kremlin membantah rumor ini dan menyatakan Putin dalam kondisi sehat.
Spekulasi mengenai sakitnya Putin merebak setelah kunjungan Putin ke luar negeri dibatalkan.

Adalah sumber pemerintahan Kazakhstan yang mengatakan, lawatan Putin ke Astana, ibukota Kazakhstan pekan ini dibatalkan karena Putin jatuh sakit. Hal ini memicu spekulasi yang merebak luas di media sosial, bahwa sesuatu telah terjadi pada pemimpin Rusia berumur 62 tahun itu.

Namun juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Putin dalam kondisi sehat.

“Ya,” jawab Peskov kepada Reuters saat ditanya apakah Putin baik-baik saja. “Dia melakukan pertemuan sepanjang waktu,” tutur Peskov saat dihubungi via telepon. “Dia ada pertemuan hari ini, besok. Saya tidak tahu pertemuan mana yang akan kami publikasikan,” imbuhnya.

Menurut harian lokal, RBK, Putin tak pernah terlihat di televisi sejak pertemuan dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi pada 5 Maret lalu. Namun foto-foto yang diposting di situs resmi Kremlin memperlihatkan Putin menghadiri pertemuan pada tanggal 10 Maret dan 11 Maret.

Terakhir kali kondisi kesehatan Putin menjadi bahan pemberitaan adalah pada tahun 2012 lalu. Saat itu, tiga sumber mengatakan pada Reuters bahwa Putin, yang ketika itu terlihat pincang, menderita nyeri punggung. Namun Kremlin membantah Putin mengalami masalah punggung.

(ita/ita/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*