Pingin Punya Handphone Kuli Bangunan Dihajar Masa

Tersangka Berinisial (KS) saat ditanyai polisi.

Tersangka Berinisial (KS) saat ditanyai polisi.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Niat hati “KS” (18), warga Parak Rumbio Kelurahan Lolong Belanti Kota Padang, untuk memiliki handphone tiba-tiba kandas. Setelah aksinya, ingin mencuri di salah seorang warga di Kelurahan Silaing Bawah diketahui oleh pemilik rumah.

Meskipun sempat melarikan diri, tetapi warga yang telah mengetahui gerak-geriknya berhasil mengamankan dan menerima bogem mentah warga yang geram dengan aksi pelaku, untung petugas kepolisian cepat datang dan mengamankan pelaku ke Polsek Padangpanjang.

Tersangka yang baru sekitar tiga minggu bekerja sebagai kuli bangunan di salah satu proyek pembuatan taman tersebut, mencoba mencari barang berharga di rumah Melia Nora (32), pada Selasa malam (25/11) sekitar pukul 23.45 WIB. Tetapi, saat sedang asyik beraksi, “KS” menginjak kaki Melia Nora yang mengakibatkan si pemilik rumah terbangun.

Merasa aksinya diketahui, tersangka mengurungkan niatnya untuk mencari barang berharga dan kabur melalui pintu belakang. Pemilik rumah yang curiga ada orang yang memasuki rumahnya, kemudian mencoba memeriksa seisi rumah dan menemukan pintu belakang rumah telah terbuka dan mencoba memberitahukannya kepada warga sekitar.

“Saya tidak mengetahui ada orang yang masuk ke dalam rumah, tetapi ada salah seorang pemuda yang melihat ada orang keluar dari rumah meloncat melalui pagar belakang. Kemudian diikuti dan diketahui tinggal di bedeng pekerja,” kata Melia Nora ketika ditemui di Polsek Padangpanjang, Rabu dinihari kemarin.

Kapolsek Padangpanjang Iptu Yulandi ketika ditemui membenarkan, telah terjadi tindakan percobaan pencurian di salah satu rumah warga di kawasan Silaing Bawah. Dimana, pelaku terlihat oleh warga ketika sedang keluar dari rumah korban dan diikuti hingga ketempat bedeng tersangka.

“Merasa yakin, pelaku tinggal disana. Kemudian warga mendatangi bedeng tersebut dan menghakimi pelaku, untung petugas kita cepat mengetahui kejadian tersebut dan mengamankan pelaku,” kata Yulandi.

Dari tangan tersangka, lanjut Kapolsek, ditemukan satu buah bando milik korban yang dibawa oleh pelaku dan satu helai boxer yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Setelah melakukan aksinya yang hanya menggunakan boxer, pelaku sempat menganti baju ke bedengnya,” jelas Yulandi.

Sementara itu, “SK” ketika sedang menjalani pemeriksaan mengakui, dirinya memang berencana ingin mengambil barang-barang berharga yang berada di rumah itu. Apalagi dirinya belum memiliki handphone dan sepatu yang dia lihat ada di rumah itu.

“Saya sudah satu melihat kondisi rumah itu, saat masuk ke dalam dan mencari barang berharga. Saya tidak menemukannya dan saat ingin menuju ruangan yang lain, saya menginjak kaki si pemilik rumah dan membuatnya terbangun. Saat saya merasa tidak aman, saya keluar lewat pintu belakang tempat saya pertama masuk,” jelas pelaku yang tidak tamat SD itu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka “KS” dijerat dengan ancaman Percobaan Pencurian Pasal 53 jo 363 ayat 1 ke 3 dan ke 5. Saat ini, tersangka masih menjalani pemeriksaan terkait tindakan pencuriannya, apalagi pelaku juga terindikasi terhadap tindakan pencurian yang terjadi di kawasan Silaing Bawah beberapa waktu belakang ini. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*