PKB Prediksi Perolehan Kursi DPRD Meningkat

 

Padang-today.com – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa ( DPW PKB) memprediksi alami peningkatan perolehan kursi DPRD di Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, mengalami kenaikan perolehan Kursi DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota, hal berdasarkan data yang diperoleh hasil rekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) ditingkat Kecamatan se Sumbar,”kata Sekretaris DPW PKB Sumbar, Firdaus

Untuk perolehan sementara berdasarkan data dari tim kita dilapangan,lanjut Firdaus untuk DPRD Provinsi PKB diperdiksi akan mendapatkan tiga kursi yaitu di Dapil Sumbar 2, Dapil 4 dan Dapil 6, masing- masing satu kursi.

Ia menjelaskan, kenaikan perolehan kursi diprediksi sekitar 200 persen, dimana PKB pada Pemilu 2014 hanya mendapatkan satu kursi DPRD Sumbar yakni dapil Sumbar 4 (Pasaman dan Pasaman Barat) atas nama Burhanuddin Pasaribu.

“Itu hutungan sementara dari tim kami, tentu untuk secara resmi kami menunggu penetapan dari KPU secara resmi,”pungkas dia.

Tidak hanya perolehan krusi DPRD Provinsi, juga perolehan kursi dibeberapa kabupaten/kota di Sumbar juga mengalami kenaikan signifikan. Pada Pemilu 2014, PKB tidak banyak meraih kursi, namun sekarang partai besutan Cak Imin bisa mersaing memperebutkan kursi kabupaten/kota.

“PKB untuk kabupaten kota di Sumbar perolehan kursi diperkirakan mencapai 60 persen, dimana 2014 se Sumbar PKB hanya memiliki kursi sebanyak 19 dan pada 2019 ini untuk sementara sudah ada 27 kursi berdasarkan hitungan dari C1 para saksi dan rekap di Kecamatan,”rinci Firdaus.

Firdaus menyebutkan, perolehan 27 kursi tersebut berasal dari Pasaman 4 kursi, perolehan ini sama dengan sebelumnya, dan Pasaman Barat 3 kursi, ada kenaikan satu kursi untuk di Pasbar.

“Begitu juga dengan Lima puluh kota memperoleh 3 kursi dimana sebalumnya hanya 2 kursi. Sementara di Kota Payakumbuh sebelumnya tidak ada dan sekarang mendapatkan 2 kursi,”ujar dia.

Sementar, untuk Kota Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar dan Dharmasraya, PKB berhasil memperoleh satu kursi masing-masing.

“Tetapi untuk Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar dua daerah ini baru. Karena 2014 lalu tidak ada kursi,”pungkas dia.

Lebih menarik lagi di Kabupaten Sijunjung, PKB pada Pemilu 2014 di Kabupaten Sijunjung tidak meriah kursi, namun sekarang ini mendapatkan 3 kursi. Selanjutnya Kabupaten Solok Selatan PKB menambah perolehan kursi satu lagi, sebelumnya hanya 1 kursi dan saat ini diprediksi memiliki 2 kursi.

Sama halnya dengan Pesisir Selatan, dimana PKB mendapatakan 3 kursi dan sebelumnya hanya satu kursi. Berbeda dengan Kota Padang, PKB harus kehilangan kursinya, pada 2014 PKB memiliki satu kursi dan saat ini berpotensi kehilangan kursi.

“Hasil tersebut masih bersifat sementara, dan secara resmi tentu menunggu hasil dari penetapan KPU,” jelas Firdaus.

Kendati demikian, Firdaus atas nama besar PKB juga mengucapakan terimakasih kepada masyarakat Sumbar yang telah mengamanah suaranya pada PKB, serta kepada seluruh kader yang telah berjuang bersema-sama PKB hingga saat ini.

“Kami mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan, namun perjuangan ini belum tuntas masih perlu pengawalan sampai ditetapkannya oleh KPU,” ujarnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas