PKK Dirikan PAUD Percontohan di Pasar Payakumbuh

Bunda PAUD Payakumbuh, Henny Yusnita memberikan hadiah kepada salah satu murid yang berhasil memenangkan lomba mewarnai dalam acara launching PAUD PKK di Pasar tingkat Payakumbuh

Bunda PAUD Payakumbuh, Henny Yusnita memberikan hadiah kepada salah satu murid yang berhasil memenangkan lomba mewarnai dalam acara launching PAUD PKK di Pasar tingkat Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh selalu berinovasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya, dengan mendirikan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai PAUD percontohan bagi Sarana pendidikan serupa dikota batiah.

PAUD ini secara resmi di-launching oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kabid PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) Kota Payakumbuh, Drs. Tafril Samry, S.Pd, Kamis (15/12). Turut hadir dalam acara launching tersebut, Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Henny Yusnita serta orang tua murid, guru-guru, serta puluhan anak-anak PAUD se Kota Payakumbuh.

Lokasi PAUD ini sendiri terletak di komplek Pasar Bertingkat Blok Barat, (Ex Pertokoan Aprilia) dan diberi nama PAUD Abdurrahman bin Auf.  Sejak berdiri lebih kurang setahun yang lalu, sampai saat ini PAUD hasil gagasan Pokja 2 TP PKK Payakumbuh ini telah menerima murid sebanyak 15 orang. Sebagian besar, berasal dari anak-anak yang orangtuanya berdagang di Pasar Payakumbuh.

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sangat mengapresiasi atas peran serta yang diperlihatkan oleh tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh. Terlebih lagi dalam program pendidikan usia dini. Hal ini memperlihatkan keseriusan anggota PKK Payakumbuh memperhatikan pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Bukan hanya sebagai ajang pertemuan ibu-ibu dan istri pejabat semata,” ujar Tavril

Ditambahkan, PAUD hasil binaan TP PKK Payakumbuh ini kedepan akan dijadikan role model/percontohan bagi PAUD-PAUD lainnya. Sehingga bisa menjadikan standar baku bagi pengelolaan PAUD di Kota Payakumbuh. “PAUD Abdurrahman bin Auf kita persiapkan sebagai PAUD percontohan bagi PAUD-PAUD lainnya di Payakumbuh. Kita berharap, sejak usia dini, anak-anak Payakumbuh telah mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sesuai dengan umurnya,” kata Tavril lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Henny Yusnita. Menurutnya, sebagai pendidikan dikuar rumah pertama bagi anak usia dini, PAUD haruslah menjadi landasan kuat bagi anak dalam mencapai kesuksesan dimasa depan. “Apabila pondasinya kuat dan bagus, maka kedepannya anak-anak akan lebih mudah menyerap pelajaran. Namun, harus diingat, pendidikan harus sesuai dengan umurnya. Apalagi anak usia dini, mereka bermain sambil belajar. Tidak mempunyai target harus bisa ini atau itu,” ujar Henny.

Untuk memeriahkan acara launching ini, PAUD binaan PKK Payakumbuh ini menggelar berbagai perlombaan antar murid-murid PAUD se Kota Payakumbuh. Lomba tersebut adalah Lomba Bernyanyi dan mewarnai. Selain itu, perlombaan ini juga sebagai ajang promosi dan pengenalan berdirinya PAUD.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*