PKK Memiliki Peran Untuk Membantu Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Wako Hendr Arnis menyerahkan piala kepada Lurah Ekorlubuk atas prestasi PKK setempat dalam Jambore PKK Tingkat Kota Padangpanjang, Sabtu kemarin.

Wako Hendr Arnis menyerahkan piala kepada Lurah Ekorlubuk atas prestasi PKK setempat dalam Jambore PKK Tingkat Kota Padangpanjang, Sabtu kemarin.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Sesuai amanat Permendagri Nomor 5 Tahun 2007, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan desa atsau kelurahan dan merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. Hal itu ditegaskan Walikota Padangpanjang berkaitan berakhirnya Jambore PKK tingkat Kota Padangpanjang ketika dijumpai di rumah dinas walikota, Minggu (kemarin siang.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis menyebut PKK memiliki peran untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

“Salah satu upaya mewujudkan peran PKK, pemerintah mengajak segenap kader untuk membangun mental kewirausahaan dan menjadi masyarakat yang produktif. Hal ini sangat berkaitan langsung dengan tujuan peningkatan kesejateraan, membina dan menjaga keluarga khususnya anak sebagai generasi penerus bangsa,” tutur Wako Hendri Arnis.

Selain itu, Wako Hendri juga menyebut PKK sangat berperan sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

“Sebagai lembaga kemasyarakatan, peran dan kiprahnya tidak dipertanyakan lagi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui berbagai macam kegiatan ketrampilan yang banyak dilakukan mulai dari hidup sehat, pendidikan keluarga yang dimulai dari lingkungan terbawah Rumah Tangga (RT) hingga Desa dan kelurahan. Untuk lebih produktif lagi, pemerintah berharap PKK agar mampu memanfaatkan perkembangan tekhnologi seperti website PKK sebagai wadah promosi kerajinan dan sebagainya bagi kelompok-kelompok kerja (pokja),” ujar Wako Hendri.

Ketua TP PKK Kota Padangpanjang, Maria Hendri Arnis pada kesempatan yang sama juga menyampaikan kader-kader PKK tidak hanya dituntut menjalankan peran sebagai bagian dari organisasi kemasyarakat semata. Namun lebih jauh di balik itu, kader PKK lebih diutamakan menunjukkan perannya pada lingkungan keluarga.

“Selain menjalankan peran aktif sebagai mitra pemerintah, kader PKK harus mampu berkontribusi positif terhadap kesejahteraan keluarga. Salah satunya sangat berkaitan dengan program PKK, yakni Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Selain itu, program kerja PKK berorientaasi pada praksis, artinya PKK bergerak pada aksi-aksi nyata memberdayakan dan memihak kaum perempuan,” terang Maria Hendri. (nto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*