PKS Kembali Usung Riza Falepi, Koalisi Masih Penjajakan

Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Man Bayu dan Walikota Payakumbuh H Riza Falepi usai tandatangani NPHD Pilkada 2015

Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Man Bayu dan Walikota Payakumbuh H Riza Falepi usai tandatangani NPHD Pilkada 2015

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sikap politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Payakumbuh tahun 2017, akhirnya semakin jelas. Partai berlambang bulan sabit dan untaian padi tegak lurus dalam kotak hitam persegi empat itu memastikan, kembali mengusung wali kota incumbent, Riza Falepi Datuak Rajo Ka Ampek Suku. Seperti relis yang diterima padang-today.com siang ini, H Riza Falepi dikukuhkan akan diusung PKS kembali.

“Iya, kami sudah, bulat untuk mengusung kembali Pak Riza Falepi dalam Pilkada Payakumbuh 2017. Mohon doa, restu dan dukungan dari segenap elemen masyarakat,” kata Ketua DPD PKS Payakumbuh Hamdi Agus, Rabu (18/5).

Menurut Hamdi Agus, seluruh kader dan pengurus PKS di tingkat kota, provinsi, dan pusat, sudah menyepakati Riza Falepi untuk maju kembali di Pilgub Payakumbuh. “Surat Keputusan DPP PKS, mencalonkan kembali Pak Riza Falepi sebagai wali kota, sudah keluar sejak Minggu lalu (15/5),” kata Hamdi Agus.

Surat Keputusan DPP PKS yang menetapkan Riza Falepi sebagai Calon Wali Kota Payakumbuh 2017-2022, diantar langsung oleh Ketua Daerah Dakwah PKS untuk Wilayah Sumatera Bagian Utara, DR Hermanto. Saat menyerahkan surat tersebut kepada Riza Falepi, anggota DPR-RI ini didampingi oleh sejumlah pentolan PKS, seperti Ustad Syaurium dan Nurfirmawansyah.

Dalam komentarnya, Dr Hermanto menyebut, tidak mungkin, Riza tidak diusung PKS, walaupun Riza sendiri dalam beberapa kali pernyataan kepada awak media, menyatakan kurang berminat untuk maju lagi. “Tidak mungkin, tidak maju. Walaupun pak wali menyataka tak minat maju, tapi itu menyalahi aturan yang maju,” ujarnya.

Dari beberapa kali survei internal yang dilakukan PKS, termasuk survei yang dilakukan lembaga independen Incost, tingkat elektabilitas Riza Falepi masih sangat tinggi. Survei terakhir Incost menyebutkan, tingkat elektabilitas (keterpilihan) Riza Falepi bila maju kembali dalam Pilkada Payakumbuh, mencapai 50,01 persen. Terpaut jauh dari sejumlah nama yang masuk dalam survei tersebut.

Sementara, Riza Falepi usai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Ketua KPU Hetta Membayu mengakui, jika dirinya sudah menerima SK dari DPP PKS.

“Jujur saja, saya memang sempat bilang, pengen istirahat. Tapi, banyak orang, tetap memaksa untuk maju. Terakhir, PKS yang perintahkan maju,” ujarnya.

Dengan adanya SK dari DPP PKS yang diantar Dr Hemanto, Riza Falepi akhirnya berterus-terang, bahwa ia akan maju dalam Pilkada Payakumbuh untuk periode kedua. “Dengan Bismillahirrahmanirrahim. Saya mantapkan diri, maju untuk periode kedua. Mohon doa, restu dan dukungan dari segenap elemen masyarakat,” kata Riza Falepi.

Soal dengan siapa akan berpasangan, Riza belum mau menjawab. Kendati demikian, desas-desus yang berkembang di lapangan, Riza disebut-sebut bakal berpasangan dengan sejumlah nama. Diantaranya, dengan Nil Maizar, Wendra Yunaldi, Almaisyar, Anda Setia Budi, Resnulius, YB Dt Parmato Alam, Fitrial Bachri, Maharnis Zul, Radian Syam, dan Marsanova Andesra.

Namun, Riza yang ditanya, lagi-lagi, belum menjawab. “Kalau soal siapa pasangannya dan dengan parpol apa akan berkoalisi, belum bisa dijawab sekarang,” kata bekas “senator” Sumbar di DPD-RI itu. Senada dengan Riza, ketua PKS Payakumbuh Hamdi Agus juga menyebut, bahwa pihaknya belum bisa memastikan, dengan parpol apa akan berkoalisi. “Soal Koalisi, masih penjajakan,” kata Hamdi Agus.

Biar begitu, Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Payakumbuh Nasrul Kenong menyebut, bahwa Partai Gerindra dan PKS, sudah menggelar pertemuan lanjutan, Rabu lalu. Dalam pertemuan itu, dari Gerindra hadir, H Nursirwan, Awaludin Nasution, dan Marvetra Said. Sedangkan dari PKS hadir, Hamdi Agus, Tri Venindra, Mustafa, dan Fauzan. “Pertemuan itu, memang termasuk mendiskusikan pilkada,” ujar Kenong.(rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*