Plt. Walikota Priadi Apresiasi Bakti Sosial Unand di Payakumbuh

Walikota Priyadi Syukur bersama Rektor Unand menanam pohon penghijauan di Kampus II Unand, Sabtu (5/11).

Walikota Priyadi Syukur bersama Rektor Unand menanam pohon penghijauan di Kampus II Unand, Sabtu (5/11).

Payakaumbuh, PADANG-TODAY.com-Kota Payakumbuh menjadi tujuan bagi mahasiswa, aktivis dan alumni Unand Padang, sebagai tuan rumah dalam kegiatan bakti sosial pengabdian masyarakat, selama tiga hari, 4-6 November 2016. Kegiatan yang melibatkan ratusan personil itu, dibuka Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, SH, MH bersama Rektor Unand Prof. DR. Tafdil Husni, SE, MBA di Unand Kampus II Kubu Gadang Payakumbuh, Sabtu (5/11).

Priadi Syukur mengapresiasi kegiatan bakti sosial itu, karena dinilai sangat positif terhadap kemajuan Payakumbuh dan pembinaan mental warga kota.

Gelar kegiatan tersebut yang ditandai dengan pelantikan Kompi A Batalyon 101 Mahawira Unand Kampus II Payakumbuh oleh Rektor Unand dan penyerahan bantuan bibit tanaman dari Rektor Unand kepada Plt. Walikota Priadi Syukur.

Disaksikan Wakil Rektor III Prof. Hermansyah, MS, MSc, Wakil Dekan III drg. Susi, MKM, Koordinator Kampus II Unand Payakumbuh Drs. Lukman, SE, MSi, Pembina Resimen Mahasiswa Amrizal, Komandan Batalyon 101 Mahawira Unand Afrizal Efendi, Presiden Eksekutif Mahasiswa BEM Unand Edi Kurniawan, sejumlah pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinasdi, dosen, mahasiswa, aktivis, alumni, tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Hermansyah yang juga Wakil Rektor III menjelaskan kegiatan bakti sosial pengabdian masyarakat, yaitu berupa penghijauan kampus, ceramah agama, gotong-royong membersihkan Masjid Nurul Huda Kubu Gadang dan penanaman pohon penghijauan pada sejumlah titik di daerah pinggiran kota, penyuluhan dan sosialisasi tentang kesehatan kepada murid SD N 60 Kubu Gadang, serta vertikultur (pemanfaatan lahan pekarangan).

Dikatakannya, kegiatan itu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu di antaranya, kegiatan pengabdian masyarakat. Maka diharapkan melalui kegiatan ini proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga mahasiswa akan mengetahui situasi lingkungan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai bahan penelitian yang pada akhirnya bisa diimplementasikan.

Rektor Unand Prof. DR. Tafdil Husni, SE, MBA dalam sambutannya menyebutkan sebelumnya Kampus Unand terpencar-pencar seperti di Payakumbuh, Batusangkar dan Padang.

“Berkat adanya dukungan dan komitmen Pemko Payakumbuh kini sudah berdiri Unand Kampus II Payakumbuh. Ke depan diharapkan sinergi Perguruan Tinggi dengan Pemko semakin baik terutama dalam rangka meningkatkan edukasi kepada masyarakat.mudah-mudahan dengan kegiatan pengabdian  dimaksud akan meningkatkan kulaitas pendidikan dan silahturahmi,” ujar Rektor.

Menurut Rektor tahun 2017 nanti, guna meningkatkan wawasan mahasiswa secara global baik dalam negeri maupun luar negeri, kegiatan KKN Unand akan dilaksanakan secara Internasional direncanakan di Malaysia dan Thailand dan terakhir Rektor meminta pada panitia dan mahasiswa agar memaksimalkan pengabdian masyarakat demi terjalinnya hubungan yang harmonis dengan masyarakat terutama dilingkungan kampus.

Plt. Walikota Priadi Syukur ketika membuka kegiatan pengabdian masyarakat tersebut memberikan apresiasi pada civitas akademika, aktivis dan alumni Unand yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa pengabdian masyarakat yang dinilai sangatlah tepat sekali, karena saat ini Pemko sedang mempersiapkan penilaian Adipura yang dijadwalkan akhir November 2016.

Oleh karena itu diharapkan melalui pengabdian masyarakat di antaranya penghijauan, kebersihan lingkungan, penyuluhan kesehatan dan adanya bantuan bibit pohon dari Unand tentu akan dapat membantu program Pemko menciptakan lingkungan yang nyaman. Untuk tahun depan, terang Priyaldi, direncanakan Pemko akan mengucurkan bantuan pada Unand Kampus II Payakumbuh melalui dana APBD sebesar 700 juta rupiah.

Usai pembukaan, Plt.Walikota Priadi Syukur, Rektor Unand Tafdil Husni dan Wakil Rektor III dan undangan lainnya dilanjutkan dengan aksi menanam pohon di kawasan Kampus Unand II Payakumbuh dan diakhiri peninjauan kegiatan pengabdian masyarakat di SD N 60 Kubu Gadang Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas