PN Dharmasraya Segera Dibangun

.
* Ketua PT Sumbar Tinjau Lokasi
.

Advertisements

DHARMASRAYA, PADANG-TODAY.COM
Kabupaten Dharmasraya segera memiliki Pengadilan Negeri (PN). Sejak dimekarkan dari Kabupaten Sijunjung beberapa tahun lalu, pelayanan “keadilan” kepada seluruh masyarakat masih menumpang pada PN Muaro di Kabupaten Sijunjung. Kemarin, lokasi pembangunan PN Dharmasraya ditinjau oleh Ketua Pengadilan tinggi Sumbar, Husni Rizal. Rombongan didampingi langsung oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SKPD dan Muspida setempat.

Lokasi pembangunan pengadilan negeri ini berada di simpang Silago Nagari Sungai Kambut. Tepatnya di kilometer empat Pulau Punjung, di samping RSUD Dharmasraya.

“Lokasi ini sengaja kita usulkan mengingat lokasinya yang strategis dan dipinggir jalan Lintas Sumatera. Jadi aksesnya mudah dijangkau masyarakat. Nantinya kita juga akan buat taman dan tugu di pertigaan ini, sehingga akan menambah keindahan,” ujar Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Setelah mempertimbangkan lokasi, luas areal dan mengancang-ancang untuk lokasi berdirinya bangunan, Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar, Husni Rizal menyatakan setuju dengan lokasi yang diusulkan oleh pemkab Dharmasraya.

“Lokasi ini sangat bagus. Selain letaknya di pinggir jalan Lintas Sumatera, juga disekitarnya merupkan areal perkantoran dan universitas. Ini akan menjadi lokasi yang indah nantinya, apalagi jika akan ditambah dengan dibangunnya taman dan tugu dipertigaan ini,” tutur Husni Rizal.

Untuk sementara, menjelang pembangunan kantor pengadilan negeri selesai, pemkab Dharmasraya mengusulkan agar aktivitas perkantoran dilaksanakan di gedung Satpol PP yang berlokasi di komplek Sport Center, Koto Padang.

“Alhamdulillah Ketua Pengadilan Tinggi menyutujui lokasi sementara untuk aktivitas perkantoran, sehingga walaupun pembangunan kantor sedang dilaksanakan, pelayanan tetap dapat berjalan. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Muaro Sijunjung,” pungkas Bupati.

Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar beserta rombongan tampak puas dengan lokasi yang diusulkan pemkab Dharmasraya, baik untuk lokasi pembangunan kantor, maupun untuk aktivitas pelayanan sementara.

“Kita harap pembangunan dan administrasi segera selesai. Untuk proses ke Mahkamah Agung nantinya akan saya bantu secara prioritas,” lanjut Husni Rizal. (***)

[EKO USKYAWANTO/RIJAL ISLAMY]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*