PNS Kota Padang Panjang Lakukan Tes Urine

Suasana Tes Urine di kalangan PNS Sekretariat Daerah Kta Padangpanjang Senin  17/11.

Suasana Tes Urine di kalangan PNS Sekretariat Daerah Kta Padangpanjang Senin 17/11.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Setelah sukses melaksanakan tes urine bagi kalangan aparatur kepolisian dan isntansi petugas lapangan, Badan Narkotika Kota (BNK) Padangpanjang kembali melakukan tes urine terhadap para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekretariat Daerah Kota (Setdako) setempat, Senin kemarin.

Ketua BNK padangpanjang Mawardi ketika pelaksanaan tes urine tersebut menyampaikan, kegiatan ini penting untuk memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkotika serta zat adiktif lainnya pada aparatur pemerintah.

Selain terhadap PNS, pihaknya juga merencakan untuk melakukan tes urine terhadap kalangan pelajar dan mahasiswa yang ada di kota itu, sehingga, tidak ada lagi ruang dalam peredaran narkoba di kota yang berjuluk “Serambi Mekah” itu.

Dikatakannya, meskipun belum ditemukan PNS yang terindikasi menjadi pengguna narkoba selama ini, tetapi pihaknya ingin sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan “barang haram” tersebut melibatkan seluruh stakeholder, termasuk di lembaga pemerintahan.

“Untuk proses pelaksanaan kegiatan tersebut, BNK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Satuan Narkoba Polres Padangpanjang,” sebutnya.

Selain melakukan tes urine, BNK juga aktif melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah dan warga binaan mengenai bahaya dan resiko dari penyalahgunaan Narkoba.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengantisipasi peredaran narkoba di daerah itu, sehinga Padangpanjang yang menjadi kota perlintasan di Sumatera Barat bisa terbebas dari peredaran narkoba.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Nuryanuwar mengatakan, tes urine yang dilakukan tersebut tidak memiliki jadwal yang tetap sehingga terkesan mendadak, sehingga objek yang akan diperiksa tidak menyispkan diri sebelumnya.

“Kita sengaja tidak memberikan jadwal pelaksanaan tes urine, agar yang akan diperiksa betul-betul dalam kondisi yang sebenarnya,” katanya.

Terpisah, Sekretaris BNK yang juga Kepala Satpol PP Kota Padangpanjang Arkes Refagus menyampaikan, kegaiatan tes urine yang dilaksanakan bagi PNS di lingkungan Setdako Padangpanjang tersebut merupakan rangkaian tes urine yang akan dilaksanakan bagi seluruh PNS, pelajar dan mahasiswa di Kota Padangpanjang.

“Untuk beberapa instansi tertentu, seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran telah kita laksanakan tes urine. Begitupun dengan personil kepolisian dan Penghuni Lapas Kelas IIb Padangpanjang. Kita juga menargetkan bisa melaksanakan tes urine terhadap mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di daerah ini,” jelasnya.

Salah seorang PNS dilingkungan Setdako Padangpanjang Mulyadi, menyambut baik apa yang di lakukan oleh BNK tersebut demi tercapianya tujuan pembangunan pemerintah terutama pembentukan akhlak dan mental masyarakat.

“Kita dukung apa yang dilakuan oleh pihak BNK itu, sehingga Padangpanjang bisa terbebas dari peredaran narkoba yang selam ini sudah mengancam jiwa manusia,” katanya.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*