PNS Limapuluh Kota Cek Diabetes Melutus dan Gula Darah

Tim Kesehatan sedang memeriksa kesehatan PNS di Limapuluh Kota.

Tim Kesehatan sedang memeriksa kesehatan PNS di Limapuluh Kota.

Limapuluh kota,PADANGTODAY.COM- Ratusan PNS Sekretariat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan tes gula darah Diabetes Malitus(DM) gratis Aula Kantor Bupati Sarilamak, Jumat (24/10).

Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin, zat yang diproduksi oleh kelenjar pankreas dan diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

“Tes gula darah perlu dilakukan bagi setiap orang, terutama bagi PNS di Lingkungan Sekretariat Daerah. Cek Diabetes Malitus(DM) ini penting bagi setiap orang untuk mengetahui gula darah (DM) normal atau tinggi”, kata dr Eka Fitria Kepala Puskesmas Tanjung Pati didampingi Bidan Yeni dan petugas kesehatan lainnya.

Jumlah penderita diabetes melitus tiap tahun terus meningkat. Coba Anda perhatikan, pasti ada keluarga, teman, atau kenalan yang punya penyakit ini. Diabetes melitus atau diabetes tipe dua adalah penyakit yang sangat terkait dengan gaya hidup, yakni pola makan, olahraga, kegemukan, dan pola tidur.

Menurut dr.Eka meski penyakit ini belum bisa disembuhkan, tapi sebenarnya diabetes tipe 2 adalah penyakit yang perkembangannya berjalan lambat dibanding penyakit kronik lainnya. Perjalanan penyakit ini bisa terjadi selama berbulan-bulan, bahkan tahunan.
“Gejalanya pun muncul secara bertahap, hingga kadang sulit dideteksi. Kealpaan bagi PNS untuk memeriksakan kesehatannya secara dini akan berdampak buruk, apa bila tiba-tiba mengalami sakit yang langsung parah dan harus dirawat di Rumah Sakit(RS), lebih baik mencegah dari pada mengobati,” katanya.

Selain itu, lakukan deteksi dini atau pemeriksaan kadar gula darah secara teratur. Jika kondisi pradiabetes (kadar gula darah tinggi tapi belum termasuk diabetes) diketahui, perubahan gaya hidup bisa mencegah seseorang masuk dalam kategori diabetes. Kegiatan tes Diabetes Malitus (DM) adalah program dari BPJs Kabupaten Lima Puluh Kota, sebagai pelaksana  tenaga Kesehatan dibawah koordinasi Bagian Kesra Setdakab Lima Puluh kota.

Tim BPJS Tina Mitri menyatakan, gelar Senam Sehat dan cek Gula Darah Diabetes Malitus(DM) gratis, sudah menjadi program kegiatan BPJS. Tahun 2014 diadakan Empat (4) kali, ini kali ke Dua (2) dilaksanakan yang bertempat si Aula Kantor Bupati Sarilamak, lanjut Tina Mutri.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*