POBSI Padangpanjang Raih Empat Medali

Padangpanjang—Pasca fakum selama 4 tahun, Persatuan Olahraga Billiar Seluruh Indonesia (POBSI) Padangpanjang hanya mampu meraih 4 medali pada ajang multi iven olaharaga provinsi (PORPROV) ke XV Sumbar di Padangpariaman November 2018 lalu.

Ketua Umum POBSI Padangpanjang, Yuwardi Tanjung mengaku perolehan medali dari  12 nomor yang dikuti 5 pebilliar daerah berhawa sejuk itu sudah cukup memuaskan. Pasalnya disebutkan, di tengah pembinaan atlet yang tidak teroganisir tetap mampu memberikan kontribusi prestasi.

Perolehan 4 medali tersebut dikatakan Yuwardi, masing-masing 1 medali perak dari nomor pertandingan Pool Single Putra Bola 10 atas nama Alfiano. Sedangkan tiga perunggu disumbangkan Pool Single Putri Bola 10 oleh Amalia Husnah, Pool Single Putra Bola 15 oleh Alfiano dan satu lainnya dari Pool Doble Mix pasangan Yasser Kennedy – Amalia Husnah.

“Sumbangan medali tersebut sudah dapat dikatakan hasil yang sangat memuaskan. Pasalnya selam 4 tahun belakangan olahraga di Padangpanjang sama sekali tidak ada pembinaan. Termasuk POBSI, kecuali kegiatan TC Berjalan dan TC Penuh jelang keberangkatan pertandingan Porprov di Malibo Anai sejak 19 hingga 28 November lalu,” ucap Yuwardi didampingi Ketua Harian Rahmad kepada Padang Today.

Menyikapi kondisi prestasi tersebut, Rahmad menambahkan jajaran pengurus POBSI daerah berjuluk Kota Serambi Mekkah itu telah menyiapkan serangkaian program pembinaan menyongsong helat Porprov XVI di Pasaman Barat pada 2020 mendatang.

Dikatakan Rahmad, sesuai dengan komitmen bersama KONI dan jajaran Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Padangpanjang akan memfokuskan pembinaan atlet lokal. POBSI tidak akan melakukan rekruitmen atlet luar daerah, kecuali yang telah terkunci pada Sidragon sebagai atlet Padangpanjang meski berstatus warga luar daerah.

“Hasil yang diperoleh pada Porprov Kali ini, akan menjadi suntikan semangat bagi atlet POBSI untuk lebih baik pada iven berikutnya. Tidak hanya bagi atlet senior, juga akan memacu kedisiplinan atlet junior untuk berlatih lebih kuat lagi,” tutur Rahmad.

Sementara Ketua KONI Kota Padangpanjang, Hendri JB mengatakan sangat mengapresiasi perjuangan atlet daerah kota hujan itu dalam pertandingan. Termasuk cabang olahraga (cabor) Billiar, dinilai telah memberikan kebanggaan pada daerah dengan raihan prestasi di posisi papan tengah di Sumbar.

“Sama dengan cabor lainnya, POBSI juga akan kita fasilitasi dalam pembinaan atletnya. Sebagai mana kordinasi kami dengan pengurus POBSI, secara bertahap akan diakomodir program pembinaan yang telah disiapkannya,” jawab Hendri jelang penutupan Porprov XV itu. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*