Pokdarwis Tanahdatar Tingkatkan Industri Pariwisata

Tanahdatar—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar memandang perlu kehadiran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk meningkatkan dan memajukan industri pariwisata sebagai salah satu sektor andalan pembangunan masa depan.

Kabag Humas Kabupaten Tanahdatar, Yusrizal mengatakan hal tersebut juga selaras dengan visi dan misi Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma yang menetapkan pengembangan pariwasata sebagai sektor unggulan.

Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku wisata, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya pelatihan Pokdarwis, pengusaha kuliner, pemandu wisata dan pengelola home stay.

“Sebagai mana disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto saat membuka pelatihan Pokdarwis di Hotel Emersia Batusangkar, Jum’at malam (21/06) lalu, pemerintah daerah berharap sektor pariwisata terus berkembang. Kita punya potensi besar menjadi destinasi wisata unggulan, alamnya indah, menjadi pusat adat dan budaya Minangkabau dan punya banyak peninggalan sejarah,” tutur Yusrizal, di ruang kerjanya, Selasa (25/6)

Dikatakan Yusrizal, Pemkab mengharapkan sebagai unsur penting dalam pariwisata, Pokdarwis harus punya komitmen untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan objek wisata. “Pemerintah daerah tidak akan mampu mengelola lebih kurang 150 objek wisata tanpa adanya sinergi Pentahelix. Yakni pemerintah daerah, akademisi, pelaku bisnis, media dan komunitas. Pokdarwis ini termasuk komunitas,” terangnya.

Guna mendukung sektor pariwisata, pemerintahan di tingkat nagari juga diimbau untuk mengalokasikan anggaran melalu untuk pembenahan sarana dan prasarana di objek wisata yang dikelola nagari atau Badan Usaha Milik Nagari (BumNag).

Sementara Kapala Disparpora, Abdul Hakim menyebut pelatihan Pokdarwis yang berlangsung selama 3 hari tersebut diikuti 40 orang dari 10 Pokdarwis di nagari. Ke depannya juga akan dilaksanakan pelatihan terhadap 50 pengusaha kuliner, 50 pengusaha home stay dan 20 pemandu wisata. (Ce)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas