Polhut Agam Intensifkan Patroli Hutan

Yulnasri Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Agam.

Yulnasri Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Agam.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Polisi Kehutanan (Polhut) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam gencar untuk memperketat pengawasan hutan. Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Yulnasri mengatakan, pengawasan itu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari penebangan hutan yang dilakukan secara ilegal di daerah itu.

” Operasi pengamanan di kawasan hutan sangat penting kita lakukan guna mengamankan hak-hak negara atas hutan dan hasil hutan dari kegiatan pembalakan dan perdagangan secara ilegal,” ujarnya.

Tambah Yulnasri, beberapa waktu lalu, anggota Polhut melakukan patroli pengamanan hutan terkait adanya informasi mengenai aktifitas penebangan hutan di kawasan Nagari Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, namun setelah dilacak, kawasan penebangan hutan itu ternyata berada di kawasan hutan rakyat. Meski demikian, Yulnasri tetap meminta kepada warga sekitar untuk tidak menebang hutan secara besar.

” Pengamanan kawasan hutan dilakukan secara terpadu agar kawasan hutan tetap terjaga dari ulah oknum yang tidak bertanggungjawab. Kami juga berharap pemerintah nagari dan tokoh masyarakat dapat memantau aktivitas penebangan hutan di daerah mereka masing-masing tersebut,” tambah Yulnasri.

Sementara untuk pengawasan di lakukan dengan cara patroli di kawasan hutan secara rutin. Patroli itu dilakukan secara bersama antara dua sampai lima anggota Polhut di kawasan hutan yang dianggap rawan penebangan di jelajahi setiap pekan untuk memantau aktivitas penebangan.

Akibat dari penebangan liar, Yulnasri menjelaskan, terjadinya kerusakan pada bumi, sehingga dapat menimbulkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, erosi dan pemanasan global.

” Oleh karena itu kita sebagai makhluk hidup di bumi harus menjaga agar hutan tetap utuh dan makin bertumbuh, bukan malah membuat hutan kita menjadi gundul supaya terbebas dari kerusakan alam yang membuat kita susah dan mendapatkan bencana nantinya,” tutupnya. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*