Polres Pariaman, Tekankan Pentingnya Gunakan Helm Saat Berkendaraan

 

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Kasat lantas Polres Pariaman AKP Indra Sakti SIK menekankan pentingnya menggunakan helm dan kelengkapan kendaraan saat berkendara. Jangan para penguna jalan raya dengan sepeda motor memakai helm saat ada petugas kepolisian.

“Saya menilai, itu adalah paradigma yang salah dilakukan masyarakat terkait pentingnya helm saat ada petugas. Pengendara menggunakan helm, karena takut ditilang oleh petugas. Padahal, penggunaan helm merupakan perlindungan bagi pengendara, jika terjadinya kecelakaan,” kata Indra Sakti kepada Padang-today.com, kemarin.

Katanya, paling tidak dengan menggunakan helm bisa meminimalisir resiko yang dialami pengendara saat terjadinya kecelakaan. Apalagi lanjutnya, berdasarkan data hasil operasi simpatik yang digelar satlantas Polres Pariaman dari 1 April hingga 21 April 2015 yang lalu, tercatat petugas 544 pengendara dikenakan sanksi teguran, mayoritas pelanggaran didominasi oleh berkendara tidak menggunakan helm.

“Dari 544 teguran yang kita berikan, pelanggaran didomimasi oleh banyaknya pengendara sepeda motor yang tidak pake helm,” jelasnya.

Ia mengaku, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang kepatuhan berlalulintas dan pentngnya penggunaan helm. Selain melakukan sosialisasi dilingkungan masyarkat, sosialisasi juga di dilakukan dilingkunhan sekolah dan kampus.

“Kita akan terus sosialisaikan pentingnya menaati peraturan lalulintas dan penggunaan helm. Selain ke masyarakat, petugas juga telah melakukan sosialisasi ke kampus dan sekolah,” tandasnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*