Polres Rakor Keselamatan di Jalan, LKAAM dan Masyarakat Payakumbuh Komit

Kasatlantas Polres Payakumbuh menerangkan tentang keselamatan berlalu lintas di Rupattama Polres Payakumbuh Kamis (5 Februari).

Kasatlantas Polres Payakumbuh menerangkan tentang keselamatan berlalu lintas di Rupattama Polres Payakumbuh Kamis (5 Februari).

Advertisements
Kasatlantas Polres Payakumbuh Iptu Harry M Putra

Kasatlantas Polres Payakumbuh Iptu Harry M Putra

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Rapat Koordinasi antara Polres Payakumbuh dengan tokoh masyarakat dan unsur pimpinan sekolah yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Polres Payakumbuh Kamis (5/2) pagi di Jalan Pahlawan berlangsung hangat. Persoalan banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa sekolah di jalan raya menjadi sorotan dan ditanggapi oleh Kadinas Pendidikan Hasan Basri dengan lantang.

”Jumlah pelanggaran dan tilang siswa yang seribu lebih selama 2014 itu sangat mengejutkan kami selaku Kepala Dinas Pendidikan. Begini saja, kita percepat MoU dengan Polres, kita akan berikan punishment bagi sekolah yang siswanya masih banyak melakukan pelanggaran di jalan raya,” tegas Hasan Basri yang duduk bersama Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi.

Di ruangan Rupattama itu, Wakapolres Payakumbuh Kompol Kompol M Yudie Sulistyo SiK di depan bersama Ketua Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau Kota Payakumbuh mengatakan bahwa masyarakat diharapkan memberikan pengertian positif kepada pengguna jalan raya akan keselamatan berlalu lintas. Sebab, di Kota Payakumbuh dan wilayah hukum Polres Payakumbuh, bulan Aksi Keselamatan Jalan 2015 ini, yang berlangsung dari Januari dan Februari, masyarakat yang kental dengan adat Minangkabau bisa dimasukkan pesan dan nasehat ketertiban.

”Maka, perbanyaklah kegiatan penyadaran bagi pelajar, kegiatan sosialisasi keselamatan di sekolah, dan di kampung-kampung dalam kegiatan adat. Tahun 2014 tercatat Satlantas Polres Payakumbuh mengeluarkan Bukti Pelanggaran (tilang) 4.039 buah. Ini bukti, bahwa kesadaran berlalu lintas belum merata di masyarakat kita, khususnya pelajar,” ujar Kompol Heri Budianto.

Ketua LKAAM Indra Zahur SE Dt Rajo Simarajo dalam paparannya mengatakan bahwa masyarakat sudah waktunya sadar secara seluruhnya bahwa komunikasi antara masyarakat dan polisi bisa dilakukan secara intens. Polres pun membuka diri untuk terus berkomunikasi dengan masyarakat.

”Kadang kita sesalkan masyarakat yang terus melanggar rambu-rambu dilarang. Sehingga, ada pula pengendara kendaraan yang masuk jalur berlawanan. Ini kan sangat berbahaya. Main terobos saja, kami yang menyaksikan pun menjadi ngeri,” ujar Indra Zahur SE Datuk Rajo Simarajo yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat di Kota Payakumbuh ini.

Oleh Kasatlantas Polres Payakumbuh Iptu Harry M Putra di paparan awalnya tentang ”Aksi Keselamatan Jalan 2015,” di depan para SKPD Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala-Kepala Sekolah, Guru, Pelajar, dan Wartawan, dijelaskan bahwa salah satu kegiatan pendidikan masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas juga dilakukan melalui media cetak dan elektronik.

”Peran media massa menjelaskan tentang regulasi, aturan, dan peristiwa telah mendidik masyarakat untuk memperhatikan pentingnya keselamatan berlalu lintas ini. Sebab itu, Satlantas Polres Payakumbuh terus meminta agar media juga ikut peduli dan menginformasikan tentang keselamatan berlalu-lintas,” ujar Iptu Harry M Putra di depan seluruh peserta Rakor yang juga terdiri dari perwira dan bintara Polres Payakumbuh.

Oleh Wakapolres, Kasat Pol PP Payakumbuh Fauzi Firdaus turut dipuji. Sebab, telah mengaktifkan anggotanya ikut mengamankan di beberapa titik penting, utamanya di kawasan sekolah guna keamanan para siswa. Kemudian, Polres Payakumbuh ikut dibalas dengan pujian dari Kadis Pendidikan Hasan Basri, sebab telah setiap pagi mengamankan lalu-lintas di titik-titik rawan di Payakumbuh.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*