PON Remaja, Dana Terbatas Sumbar Mampu Ukir Prestasi

PON REMAJA I DISAMBUT GEBU MINANG JAWA TIMUR DI RUMAH GADANG MINANGKABAU

PON REMAJA I DISAMBUT GEBU MINANG JAWA TIMUR DI RUMAH GADANG MINANGKABAU

Advertisements

SURABAYA,PADANGTODAY.COM-Apresiasi tinggi pantas diberikan kepada pelaku olahraga Sumbar. Betapa tidak, di tengah keterbatasan dana, namun dengan semangat juang untuk mengharumkan nama Ranah Minang di nasional mereka mampu bersaing dan berprestasi diarena Pekan Olahraga Remaja (PON) Remaja I yang ditabuh di Jawa Timur.

Malahan selain dana yang terbatas, Sumbar juga minim sarana olahraga seperti yang dimiliki daerah lain.

“Kita sebagai warga Sumbar wajib memberikan apresiasi kepada pelaku olahraga. Meski minim dana, namun para pelaku, khususnya atlet,pelatih dan pengurus mampu bersaing dengan daerah yang sumber pendanaannya berlimpah,” ujar Riko Ardian perantau Minang di SUrabaya, Jumat (12/12).

Katanya, dia sudah mendapat informasi dari atlet,pelatih dan beberapa pengurus bahwa dana olahraga di Sumbar jauh berbeda dengan Jatim, DKI, Jabar, Jateng, Papua maupun Riau, Sumut dan Sumsel. Meski begitu, para pelaku olahraga ini mampu berprestasi lebih baik di PON Remaja I dari daerah Jabar, Riau, Papua maupun Jateng.

“Kami berharap pemerintah daerah dan DPRD benar-benar mau mendukung pendaanan olahraga Sumbar, soalnya potensi atlet di Ranah Minang ini sangat banyak, itu terbukti dengan prestasi yang diukir para atlet di arena PON Remaja ini,” pintanya.

Memang dalam tiga tahun terakhir ini, pendanaan olahraga di Sumbar sangat minim. Atlet melakukan persiapan dengan dana yang sangat terbatas. Malahan, untuk mencukupi kebutuhan mereka rela menggunakan dana pribadi.

“Kami akui untuk meraih prestasi kami harus berkorban. Kami sebagaii atlet akan terus berjuang dan siap mengharumkan nama daerah. Namun, kami berharap penguasa anggaran di daerah benar-benar memberikan perhatian, terutama soal anggaran,karena tanpa dukungan pemerintah mustahil kita bisa berprestasi,” ujar salah seorang atlet yang tidak ingin namanya dipublikasikan.

Sementara Ketua Kontingen Sumbar Handrianto mengakui keterbatasan dana, namun KONI sebagai organisasi olahraga akan terus berjuang agar pemerintah dan DPRD mau menyediakan dana khusus untuk olahraga ini.

“Memang kami akui kita memiliki dana sangat terbatas, namun kami akan berjuang agar dana bisa sesuai dengan harapan dan kita bisa mengukir prestasi lebih baik lagi,” terangnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*