Porprov, Limapuluh Kota Berkekuatan 420 Kontingen

KADISBUDPARPORA-LIMA-PULUH-KOTA-IR-H-NOVYAN-BURANO-MENYAMPAIKAN-KESIAPAN-PORPROV-XIII
LIMAPULUH KOTA, PADANGTODAY.COM -Komitmen mantan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi XII tahun 2012 Kabupaten Limapuluh Kota yang kala itu menjadi runner-up, tahun ini di Dharmasraya bertekad untuk tetap main bersih. Jumlah atlet yang dibiayai oleh Pemkab sebanyak 285 atlet dari 25 cabang olahraga yang dipastikan mengikuti arena multiiven Porprov XIII kali ini.

”Prinsip kita, ’Tidak Membeli Kemenangan, pun Tidak Membayar Kekalahan’ berimplikasi pada pengiriman atlet yang kita bina langsung dan berpeluang meraih medali. Konsep penegasan pada kriteria; pertama, cabang olahraga yang berprestasi, kedua, pelatih yang berprestasi, ketiga, atlet yang berprestasi,” ujar Kadisbudparpora Kabupaten Limapuluh Kota Ir H Novyan Burano, saat berdiskusi dengan wartawan di Balai Wartawan Luak Limo Puluah, Kamis (30/10).

Berdasarkan hasil penghitungan beban anggaran APBD tahun 2014, Novyan Burano mengatakan ada penambahan menjadi 105 orang. Semula hanya 75 orang ofisial termasuk pelatih di dalam kontingen. Maka, seluruhnya jumlah kontingen diberangkatkan sebanyak 420 orang, termasuk panitia.

Tahun ini, selaku Ketua Umum kontingen Wakil Bupati Limapuluh Kota, Drs H Asyirwan Yunus MSi, Ketua Pelaksana Sekda H Yendri Thomas, Wakil Ketua H Novyan Burano serta kepanitiaan lainnya. Ditegaskan Novyan Burano, bahwa hasil pertimbangan prestasi dan medali, maka dengan keterbatasan kontingen, cabang olahraga bola basket, kempo, dayung, gulat, tenis, dan biliar tidak dikirim ke Dharmasraya.

Tercatat dalam kuota kontingen Kabupaten Limapuluh Kota, mengirim sebanyak 280 orang atlet dan 75 orang ofisial, kini jadi 105 dari 25 cabang olahraga menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XIII tahun 2014 di Dharmasraya. Jika sebelumnya, disebutkan bahwa ada 26 cabang olahraga di tubuh KONI Limapuluh Kota yang siap memberangkatkan atletnya, kini cabor tenis telah dinyatakan mundur.

Alasan mundurnya, aku Wakil Ketua I KONI, Budi Febriandi, belum bisa dipastikan. Namun, sebab kuota atlet dan ofisial yang diplot anggaran 355 orang, membuat cabang olahraga yang dipertimbangkan untuk berangkat ada yang harus mengurangi jumlah kontingennya. Bahkan, cabang olahraga basket sebab tidak menjanjikan prestasi medali, maka tidak dikirim.

Cabang olahraga lain yang digelar di Dharmasraya; Sepatu Roda (Perserosi), biliar (Pobsi), Dayung (Podsi). 25 cabang olahraga itu, diakui KONI Limapuluh Kota masih ada beberapa cabor yang belum mengirimkan data lengkap kontingennya.

Sementara itu, dalam bahasan bersama Kadisbudparpora Kabupaten Limapuluh Kota Ir H Novyan Burano dikatakan kontingen Limapuluh Kota tidak berorientasi medali di Porprov XIII. Namun, orientasi yang diutamakan adalah prestasi. Prestasi daerah sendiri.

”Kita melihat, bahwa prestasi, baik itu emas, perak, maupun perunggu akan diperjuangkan dengan maksimal oleh para atlet kita. Optimalisasi ini, akan dilakukan dengan berupaya maksimal dengan kekuatan sendiri, untuk berprestasi setinggi-tingginya,” tukuk Novyan Burrano.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas