Posisi Duduk Dalam Mengemudi Yang Baik Dan Benar

ilustrasi

ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Saat berkendara, semua orang akan meminta sang pengemudi untuk berhati-hati di jalan. Namun jarang sekali dari mereka yang memerhatikan posisi duduk. Mereka duduk dengan posisi yang sebenarnya tidak menguntungkan.

Pernahkah Anda mengalami kelelahan, hingga nyeri punggung usai mengemudi jarak jauh?

Sepertinya itu adalah hal yang wajar. Namun sebenarnya hal tersebut bisa dihindari dengan menempatkan posisi duduk dalam mengemudi yang baik dan benar. Nah, seperti apakah posisi duduknya? Simak di bawah ini!

1. Bersandar sedikit, yakni dengan sudut 110 derajat. Kursi yang Anda gunakan harus mampu menompang seluruh bagian punggung Anda. Ini sangat dianjurkan agar Anda tetap rileks dalam mengemudi.

2. Jangkauan kaki pada pedal seharusnya diposisikan dengan ideal. jangan terlalu jauh, jangan juga terlalu dekat. Jika Anda memajukan posisi kursi kemudi, maka pedal akan lebih dekat. Namun dekatnya posisi pedal dengan kaki akan membuat Anda cepat lelah. Karena pergerakan otot di bagian betis tidak leluasa.

3. Atur kaca spion samping dan tengah agar mudah dilihat tanpa harus memiringkan kepala. Hal ini untuk menghindari saat-saat genting, di mana Anda tidak sempat menoleh ke kaca spion.

4. Posisikan kursi Anda agar dengan mudah menjangkau alat kemudi. Usahakan jangan sampai terlalu jauh karena dapat membuat bahu, lengan, dan pergelangan tangan menjadi tegang. Jangan juga memegang kemudi terlalu erat agar tidak menyebabkan leher dan bahu merasa sakit.

5. Letakkan headrest sedikit lebih jauh di belakang kepala, sehingga bisa memberikan ruang kepada leher dan kepala dalam kondisi tak terduga, seperti ayunan kepala spontan karena tersentak tiba-tiba.

6. Hindari posisi membungkuk. Ini akan menyebabkan tulang punggung Anda terasa nyeri, terlebih lagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. Posisikan tubuh dengan lurus tapi tetap rileks agar pergerakan otot tidak terhambat.

7. Jika sedang terjebak macet atau tengah menunggu di traffic light, ambil kesempatan itu untuk memutar bahu Anda, kepala, dan meregangkan leher. Ini juga akan membantu mengusir kantuk.

(ega/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas