Posisi Indonesia Naik ke Urutan 34

logo WEF

logo WEF

Jakarta, PADANGTODAY.com– Indonesia membuat lompatan signifikan dalam daya saing di tingkat dunia dengan menempati urutan 34 dari 144 negara. Dalam laporan daya saing global (The Global Competitiveness Report/GCR) tahun 2014-2015 yang dimuat di website World Economic Forum (WEF) http://www.weforum.org, posisi daya saing Indonesia membaik dibandingkan laporan yang sama tahun 2013-2014, pada posisi 38. Sebelumnya, dalam laporan tahun 2012-2103 Indonesia berada pada posisi 50.

Naiknya ranking indeks daya saing Indonesia pada periode ini dikarenakan perbaikan di beberapa kriteria seperti infrastruktur dan konektifitas, kualitas tatakelola sektor swasta dan publik,efisiensi pemerintahan, dan pemberantasan korupsi.

Lebih jauh, dalam laporannya, WEF mengelompokkan Indonesia sebagai lima besar ekonomi ASEAN bersama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. WEF mencatat bahwa kelima negara ASEAN tersebut terus memperbaiki peringkat daya saing mereka sejak tahun 2009.

The Global Competitiveness Report’s didasarkan pada Global Competitiveness Index (GCI), yang diperkenalkan World Economic Forum pada tahun 2004. Laporan ini mendefinisikan daya saing sebagai seperangkat institusi, kebijakan dan faktor-faktor yang menentukan tingkat produktivitas suatu negara. Skor GCI dihitung berdasarkan 12 kategori yakni institusi atau lembaga, infrastruktur, makroekonomi, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pelatihan, efisiensi pasar, efisiensi tenaga kerja, pengembangan pasar keuangan, kesiapan teknologi, ukuran pasar, kecanggihan bisnis, dan inovasi.(Emi Salpiati/dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*