PP NO.71 Tahun 2010 Tentang SAP Disosialisasikan tentang Standard Akutansi Pemerintah (SAP) berbasis Aktual

DPKKA Payakumbuh Gelar Sosialisasi Penerapan Akuntansi di lingkungan Pemko Payakumbuh

DPKKA Payakumbuh Gelar Sosialisasi Penerapan Akuntansi di lingkungan Pemko Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset melaksanakan acara Sosialisasi PP No.71 Tahun 2010 tentang Standard Akutansi Pemerintah (SAP) berbasis Aktual bagi Pengguna Anggaran (PA) seluruh SKPD se Kota Payakumbuh. Gelar kegiatan tersebut bertempat di Aula Balaikota Bukik Sibaluik dibuka Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahlinya dr.Merry Yuliesday, Senin (27/4).

Sosialisasi yang diikuti oleh para pengguna anggaran ini mendatangkan seorang nara sumber dari UGM Jogjakarta Erman Suhartono,M.Si, Akt, CA membahas tentang pengelolaan keuangan daerah berbasis Akrual, kata Kepala DPPKA Syafwal.

Dalam pengelolaan keuangan daerah juga dijelaskan secara rinci oleh nara sumber mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai pada pertanggung-jawaban sehingga pengguna anggaran akan memahami bagaimana dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan PP No.71 tahun 2010, ulas Syafwal.

Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan dan Keuangan dr. Hj. Merry Yuliesday menyebutkan dalam rangka peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, kunci utamanya ditentukan oleh kompetensi, keahlian dan perilaku para penyelenggara pemerintah daerah.

“Dengan kata lain upaya penyiapan dan pemantapan sumber daya danusia yang terkait langsung dengan pengelolaan keuangan daerah, merupakan suatu kebutuhan langsung bagi pemerintah daerah yang tidak dapat ditunda-tunda,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya salah satu langkah dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah adalah dengan melaksanakan Sosialisasi PP No.71 Tahun 2010 tentang SAP untuk seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemko yang nantinya bertanggung jawab penuh dalam menyusun laporan keuangan SKPD yang dipimpinnya.

Diharapkan kepada peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar apa yang menjadi impian kita selama ini untuk memperoleh opini WTP terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah butuh komitmen kita bersama agar terwujud, simpul Merry.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*