PPDB Online, Swasta Masuk Pilihan Wajib Hari Ini, Sekolah Layani Helpdesk

Kadisdik Desmon.

Kadisdik Desmon.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Mengawali tahun pelajaran (TP) 2015/2016, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padangpanjang mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP dan SMA/SMK mulai Selasa (30/6) besok.

Kepala Disdik Kota Padangpanjang, Desmon menyebut saat ini pihaknya tengah memastikan kelancaran proses PPDB Online dengan melakukan uji coba sistem. Hal itu disampaikan agar penyelenggaraan PPDB Online hingga Jumat (3/7) mendatang dapat dipastikan tidak terjadi kendala dalam pengentrian data oleh pihak operator dari lima posko yang ada.

“Setelah hari ini tim operator PPDB pematangan uji coba sistem, Senin (29/6) besok panitia PPDB akan melayani helpdesk. Setiap posko PPDB akan melayani calon siswa untuk berkonsultasi terkait informasi sekolah, termasuk daya tampung,” ungkap Desmon kepada Padang-Today melalui selulernya.

Sementara dalam pelaksanaannya, PPDB Online akan ditempatkan pada lima sekolah negeri. Masing-masing untuk tingkat SMP ditempatkan pada SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5, sedangkan untuk tingkat SLTA ditempatkan di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMK Negeri 1. Penerimaan calon siswa kali ini, dikatakannya terbagi dalam tiga rayon, yakni rayon dalam kota, Batipuh X Koto (Basko) dan Padangpanjang Batipuh X Koto (Pabasko).

“Pembagian calon siswa baik sekolah negeri maupun swasta, telah ditetapkan secara presentase berdasarkan kuota rayon tersebut. Yakni untuk sekolah negeri, rayon dalam kota 85 persen, rayon Basko 10 persen dan rayon Pabasko 5 persen. Demikian juga untuk swasta, rayon dalam dan luar kota masing-masing 50 persen ,” terangnya.

Berdasarkan jumlah sekolah yang ada di Padangpanjang saat ini, Desmon menyebut untuk tingkat SMP hanya menampung peserta didik baru sebanyak 1.480 orang pada 5 SMP Negeri dan 6 SMP swasta. Sedangkan SMA/SMK 1.920 orang terbagi pada 5 sekolah negeri dan 6 swasta sesuai dengan jumlah ketersediaan lokal di masing-masing sekolah.

Wajibkan Swasta
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sesuai dengan konsep pendidikan Kota Padangpanjang “maju bersama”, pada proses PPDB kali ini setiap calon peserta didik wajib menyertakan sekolah swasta dalam pilihannya. Setiap calon siswa SMP dalam kota Padangpanjang dapat memilih empat SMP dan Batipuh X Koto serta luar Padangpanjang dapat memilih tiga sekolah , satu di antaranya wajib memilih SMP swasta.

Demikian juga setiap calon siswa SMA/SMK dalam kota Padangpanjang dapat memilih empat sekolah negeri dan untuk calon siswa dari Batipuh X Koto serta luar Padangpanjang hanya dapat memilih tiga sekolah dengan wajib memilih satu SMA/SMK swasta. “Urutan pilihan sekolah merupakan prioritas penentuan dalam proses seleksi kelulusan. Siswa akan diseleksi berdasarkan urutan pilihan sekolah,” pungkas Desmon. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*