PPDB SD Mulai Dibuka 24-29 Juni, Melalui Padangpanjang Smart Edu

Padangpanjang—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD Negeri Kota Padangpanjang Tahun Pelajaran 2019/2020 segera dilaksanakan. Pendaftaran dimulai tanggal 24 sampai denga 26 Juni 2019 dan pengumuman yang diterima pada 28 Juni 2019, dengan menggunakan aplikasi Padangpanjang Smart Edu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Padangpanjang, Desmon mengatakan tata cara penerimaan adalah mengikuti ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Permendikbud) RI Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB dan edaran bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Mendikbud Nomor 1 tahun 2019 dan Nomor 420/2973/SJ-2019.

Sesuai ketentuan tersebut, PPDB menggunakan sistem Zonasi berdasarkan tempat tinggal yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK). Kuota penerimaan masing-masing sekolah terdiri dari tiga jalur, yakni Jalur Dalam Zona, minimal 90 persen dari daya tampung, Jalur Perpindahan Tugas Orangtua maksimal 5 persen dari daya tampung dan Jalur Prestasi, maksimal 5 persen dari daya tampung.

“Khusus Padangpanjang, sistem zona berdasarkan tempat tinggal ini bukanlah hal yang baru. Beberapa tahun terakhir, penerimaan murid di jenjang SD  telah  berdasarkan kepada  tempat tinggal terdekat yang dibuktikan dengan KK atau keterangan domisili atau keterangan pindah tugas orangtua,” ujar Desmon, Sabtu (22/6).

Namun demikian disampaikan Desmon, Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 mengatur lebih tegas dibanding peraturan PPDB tahun sebelumnya disertai sanksi tegas bagi sekolah dan pemerintah daerah apabila terbukti tidak mematuhi.

“Oleh karena itu, dihimbau kepada masyarakat dan sekolah untuk menghormati dan mengikuti peraturan tentang PPDB yang juga akan segera diikuti dengan Permendikbud tentang Distribusi Guru dan Pemerataan Kualitas Pendidikan (Sekolah) sehingga diharapkan semua sekolah menjadi sekolah yang berkualitas dan berkeunggulan,” ucapnya.

Sementara terkait persiapan dinas terkait dalam sistem penerimaan murid baru kali ini, Desmon menyebut akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pendaftaran dan menjamin terdapatnya transparansi dalam penerimaan siswa baru di SD dan SMP Negeri.

Disampaikannya bahwa Disdikpora telah  mengembangkan aplikasi Padangpanjang Smart Edu yang dapat diunduh melalui Play Sotore pada Smartphone atau HP Android. Disamping itu juga telah dilakukan penyempurnaan link web ;  http//WWW: ppdbsmp.padangpanjang.go.id,  sehingga dapat pula digunakan untuk PPDB di Tingkat SD.

“Di aplikasi dan website tersebut, orangtua atau calon siswa akan dipandu sampai kepada pengambilan bukti pendaftaran. Prosesnya sangat mudah, cukup hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Calon Siswa, lalu ikuti instruksi dan pilihan yang muncul. Bagi yang kesulitan, silakan datang ke sekolah terdekat di dalam Kota Padangpanjang.

“Dari tempat manapun melakukan pendaftaran, hasilnya akan sama karena data base yang digunakan terintegrasi dengan Data Kependudukan. Namun demikian, orang tua/wali diminta untuk datang langsung ke sekolah dengan membawa anak yang akan menjadi calon siswa di SD terdekat yang menjadi zonanya,” pungkas Desmon. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas