PPLP Sumbar Kembali Terima Siswa Baru, Tak Batasi Kuota Seleksi

IMG20150409130610PADANG, PADANGTODAY.COM-Mei 2015, Pusat Pendidikan dan Latihan Provinsi (PPLP) Sumbar  kembali menerimasiswa baru.

“Tahun ini kami kembali menerima siswa baru.Namun dari 12 cabor yang kami bina, hanya 8 cabor yang akan menerima siswa baru,” ujar untuk delapan cabor dari 12 cabor Pelaksanaan Harian Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD PPLP Sumbar Maswar.

Maswar yang juga menjabat Kasi olahraga pendidikan dan latihan didampingi Kasi Sarana dan Prasarana Nanda Edya Putra,Kamis (9/4) menyebut, seleksi akan digelar di PPLP Sungai Sapih 11-13 Mei. Sedangkan, cabor yang akan menerima siswa baru itu, atletik, gulat, sepakbola, sepak takraw,tinju, pencak silat, panahan dan kaerate.

“Seluruh cabor kecuali karate maksimal kelahiran tahun 2000 dan sesudahnya. Sementara karate atas permintaan khusus, minimal kelahiran 2002,” terangnya.

Agar semua generasi muda bisa mengukur kemampuan dan memperlihatkan bakatnya, panitia tidak membatasi peserta seleksi. “Kuota seleksi tidak kami batasi. Semua siswa sesuai bakat dan syarat yang ditetapkan bisa mengikuti seleksi,” tegasnya.

Dijelaskan, penerimaan siwa tahun ini minus cabang olahraga balapsepeda, judo senam dan taekwondo karena siswanya belum tamat. “Kita akui juga, penerimaan siswa baru bukan karena sebatas tamat namun juga menggantikan siswa yang tidak menunjukkan perkembangan serta indisipliner. Makanya hingga saat ini kita belum bisa sebutkan berapa jumlah siswa yang diterima, karena melihat hasil evaluasi nanti,” bebernya.

Materi ujian yang akan dilalui calon siswa nanti adalah tes fisik dan teskecabangan (skill).  Batas pendaftaran terakhir 10 Mei.

Tahun ini PPLP Sumbar membina sebanyak 155 atlet yang berasal dari 12 cabor. Jumlahsiswa dan cabor tersebut paling banyak di Sumatra. Rinciannya, cabor senam 12atlet, gulat 20 atlet, sepak takraw 24 atlet, judo 6 atlet, taekwondo 10 atlet,tinju 5 atlet, balap sepeda 5 atlet, sepakbola 23 atlet, karate 6 atlet,panahan 4 atlet dan pencak silat 20.

Mereka dibagi dua kategori, atlet yang dibiayai APBN sebanyak81 orang sementara APBD 74 siswa,” jelas Maswar. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*