Pro-Rusia’Igor Girkin’Ngaku Tembak Jatuh Malaysia Airlines

ini-igor-girkin-pro-rusia-ngaku-tembak-jatuh-malaysia-airlinesRusia, PADANGTODAY.com – Ada pihak mengaku bertanggung jawab atas insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di perbatasan Ukraina-Rusia. Pesawat berangkat dari Ibu Kota Amsterdam, Belanda, ke Ibu Kota Kuala Lumpur, Malaysia itu ditembak dengan mortir oleh seorang pro-Rusia bernama Igor Girkin atau nama lainnya Igor Strelkov.

Advertisements

Dilansir dari situs theepochtimes.com, Jumat (18/7), pesawat itu terjatuh di timur Ukraina, tepatnya di wilayah Torez dekat Kota Donetsk tengah bergejolak. Strelkov mengatakan dia telah memperingatkan pesawat itu agar tidak terbang di wilayah udaranya. “Pesawat jatuh jauh dari pusat keramaian hingga tidak menambah jumlah orang terluka,” ujar Strelkov. Dia mengaku gagal paham lantaran mengira itu burung besi milik angkatan udara Ukraina dan bukan pesawat sipil.

Namun pernyataan ini dibantah oleh pemimpin separatis pro-Rusia lainnya yakni Andrei Purgin. Mereka mengatakan militer Ukraina lah yang menembak pesawat itu tapi tak ada penjelasan lebih lanjut dan keterangan menguatkan perkataannya ini.

Strelkov, pemimpin kelompok perjuangan rakyat di Donetsk diketahui pernah bekerja di agen kemiliteran Rusia. Dia pensiun dengan jabatan terakhir bekerja di Badan Keamanan Federasi Istana Kremlin. Dia lahir pada 1970 dan tercatat sebagai warga Ibu Kota Moskow.

Dia pernah bertugas bersama militer Rusia saat pendudukan di Checnya, Asia Tengah, Yugoslavia, Irak, dan Suriah. Dia sendiri mengaku ikut perang melawan Yugoslavia.

Pemberontak pro-Rusia sehari sebelum kejatuhan Malaysia Airlines mengaku bertanggung jawab menembak dua pesawat jet Sukhoi-25 milik Ukraina.

(tps/mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*