Produksi Benih Ikan Melalui Program Agam Menyemai Terus Meningkat Tiap Tahunnya

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Agam, Ermanto.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Agam, Ermanto.

AGAM, PADANGTODAY.com-Program Agam menyemai yang di gaungkan Bupati Agam Indra Catri terus menggeliat sampai saat ini. Seperti pada sektor perikanan, yaitu pembenihan ikan yang dikelola langsung oleh masyarakat melalui Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang tersebar di 4 Kecamatan, selain itu juga melalui Balai Benih Ikan (BBI) yang tiap tahunnya terus meningkat dalam memproduksi benih ikan.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam yang menangani pembenihan ikan di UPR dan BBI menargetkan peningkatan produksi benih tiap tahunnya. Seperti dikatakan Kepala DKP Agam, Ermanto kepada Padangtoday.com, Senin (20/10) di ruang kerjanya, bahwa tahun 2014 pihaknya menargetkan produksi benih ikan sebanyak 4 juta ekor, namun sampai bulan Oktober ini produksi benih ikan sudah melebihi 4 juta ekor. Hal ini tentu sudah diatas dari target yang telah ditentukan.

” Tahun 2014 ini produksi benih ikan sudah melebihi target yang ditentukan yakni 4 juta ekor lebih, produksi tersebut meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana produksi pada tahun 2013 sebanyak 3 juta ekor, tahun 2012 sebanyak 2 juta ekor dan tahun 2011 sebanyak 1 juta ekor” ujar Ermanto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Agam.

Ermanto menambahkan, produksi benih ikan tersebut berasal dari UPR yang ada di Kecamatan Lubukbasung, UPR Kecamatan Tanjungraya, UPR Kecamatan Ampeknagari dan UPR Kecamatan Palembayan.

Sementara untuk jenis ikan yang diproduksi adalah, jenis ikan nila, ikan mas, ikan koi, ikan nilem dan ikan lele. Hasil dari produksi ikan di UPR dan BBI tersebut untuk memenuhi kebutuhan bibit ikan di Agam serta untuk dibagikan ke pada masyarakat Agam melalui program Agam menyemai.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*