Produksi Padi Kota Padang Panjang Meningkat

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dalam tiga tahun terakhir produksi beras di Kota Padang Panjang selalu meningkat atau surplus.

Selain untuk kebutuhan konsumsi lokal, beras ini juga dipasarkan ke daerah tetangga dan disediakan untuk cadangan, kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang Syahdanur, SH, MM di ruang kerjanya, Rabu (12/4).“Karena kondisi itu, selain untuk kebutuhan konsumsi lokal bisa juga dipsarkan ke daerah tetangga dan sebagai cadangan,” kata Syahdanur.

Syahdanur mengatakan, Kebutuhan beras pada tahun 2015 dan 2016 berkisar sebanyak 5.523 ton dan pada tahun 2017 berkisar 5.597 ton.

“Kita merinci produksi beras pada 2015 seberat 5.947,8 ton lalu meningkat di tahun selanjutnya menjadi 6.491,7 ton dan di 2017 bertambah menjadi 6.783,4 ton,” katanya.

Dari data diatas dapat dilihat adanya surplus 1.186,3 ton pada tahun lalu.

“Setiap tahunnya kita ada target peningkatan produksi dan karena lahan di perkotaan memang terbatas maka kita memakai langkah dengan mengintensifkan lahan yang ada, dan alhamdulillah langkah yang kita ambil benar,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Fitriadi menyebutkan Kota Padang Panjang saat ini memiliki lahan pertanian seluas 630 hektare yang didominasi oleh lahan sawah.

Sementara lahan yang diakomodasi dalam perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) hanya seluas 553 hektare sehingga ada kemungkinan lahan akan beralih fungsi.

“Kini kami sedang siapkan ranperda mengenai lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B) untuk menetapkan dan melindungi lahan pertanian,” ujarnya.

Untuk meningkatkan produksi berbagai upaya yang dilakukan diantaranya penerapan sistem tanam jajar legowo di mana dengan pengaturan jarak tanam akan memberi ruang penyinaran dan pemberian pupuk lebih mudah, imbuhnya.

“Nah, lewat jajar legowo ini kita dapat juga membantu mengendalikan hama terutama tikus dan penyakit karena dengan kondisi terbuka maka kelembaban lebih rendah. Dengan cara ini kita harapkan dapat meningkatkan lagi produksi padi, ” harapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*