Program Donasi Sampah Untuk Sekolah Gajahwong

Sekolah Gajahwong

Sekolah Gajahwong

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Setelah sekolah Gajahwong berjalan, tantangan besar adalah menghidupinya. Tak dipungkiri Faiz Fakhruddin salah seorang perintis, mereka membutuhkan biaya untuk menjalankan sekolah.

Bersama teman-temannya di komunitas Tabah (Advokasi Arus Bawah) Faiz berpikir keras bagaimana caranya supaya mereka bisa menggaji guru dengan layak, bisa menyediakan sarana belajar yang baik dan kebutuhan lainnya.

Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat divisi fundraising sekolah Gajahwong. Karena sebagian besar dari orangtua murid ada pemulung, mereka pun berpikir mencari uang dengan sampah. Mereka membuat program donasi sampah untuk Sekolah Gajahwong.

“Donasi sampah ini berjalan baik, kita minta sampah-sampah dari warga, kita pun siap menjemput kalau ada yang mau donasi. Sekarang kita sudah punya beberapa toko dan fotokopian yang secara rutin, memberikan sampahnya 100 persen ke kami,” katanya.

Hasilnya tak mengecewakan. Dari hasil menjual sampah tersebut mereka bisa membayar lima orang guru profesional. Tak cuma donasi sampah, mereka pun membuat peternakan bebek kecil-kecilan dan kambing.

“Mulanya kita dapat sumbangan Sapi dari orang di Bandung, lalu kita jual kita belikan kambing. Kambing kita jual beberapa kita belikan bebek. Sampai sekarang itu juga membuat sekolah ini bertahan,” ujarnya.

Selain usaha tersebut mereka juga menggalang donasi dari beberapa perusahaan dan personal. Namun itu tidak menghasilkan banyak.

“Saya buka, donasi kita perbulan itu cuma dari coklat monggo dan restoran Milas, kita dapat Rp 600 ribu per bulan. Kita juga buat kaos untuk dijual di sunmor UGM,” tambahnya.

Untuk mengejar pembangunan kelas baru pada tahun 2015 ini, mereka pun menambah pemasukan dengan membuat kolam ikan. Hasilnya penjualan ikan nantinya akan dibeli bahan bangunan untuk membuat kelas baru.

“Tahun lalu kita sudah janji sama orangtua murid yang kita tolak, tahun depan bisa masuk. Karena itu kita sekarang pengen bikin kelas lagi,” tuturnya.
(hhw/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*