Program JRA Substantif Dijemput Sekda dan Dinas Arsip ke ANRI

Pembahasan Draft JRA Substantif Kota Payakumbuh

Pembahasan Draft JRA Substantif Kota Payakumbuh

Advertisements

Jakarta, PADANG-TODAY.com-Pembahasan Draft Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif Kota Payakumbuh
dibahas khusus oleh Pemerintah Kota Payakumbuh di Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia, Kamis (9/2/2017) di Jakarta. Sekretaris Kota Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM memimpin rombongan dari Dinas Arsip dan jajaran.

Rombongan diterima oleh Direktur Kearsipan Daerah II, Drs. Asep Mukhtar Mawardi, M.Hum
. Diskusi berlangsung hangat membahas JRA. Perlunya JRA dalam Pemerintah Daerah sebagai salah satu pilar tertibnya pengelolaan arsip. Lewat menggunakan Jadwal Retensi Arsip, maka akan memudahkan dalam penyelamatan arsip daerah.

“Perlu kebijakan pembinaan pengelolaan arsip pada pemerintah daerah. Selanjutnya, program penyusunan JRA Substantif berpedoman retensi dalam penyusunan JRA Substantif,” ungkap Asep Mukhtar.

Direktur II ini juga berpesan pentingnya JRA substantif dan mendorong terciptanya jadwal Retensi Arsip Pemerintahan Daerah Pemerintahan Daerah sehingga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan serta menjamin pengamanan informasi, terselamatkannya arsip statis sebagai sumber informasi, bukti akuntabilitas kinerja dan memori kolektif bangsa.

“Sesuai dengan Pasal 48 Undang-undang nomor 43 Tahun 2009 ayat 1 yang menyatakan mengenai kewajiban memiliki JRA bagi Lembaga negara, pemerintahan daerah, perguruan tinggi negeri, serta BUMN dan/atau BUMD, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memiliki tugas untuk melakukan pembinaan dan pengesahan JRA,” pungkas Asep Mukhtar.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*