Program Kampung Ternak, Dua Truk Sapi Bali Mendarat di Dharmasraya

Sesampainya di Dharmasraya, sapi Bali Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa Singgalang langsung dimasukkan ke kandang ternak, Selasa (10/3).

Sesampainya di Dharmasraya, sapi Bali Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa Singgalang langsung dimasukkan ke kandang ternak, Selasa (10/3).

Advertisements

Dharmasraya, PADANGTODAY.com-Sore Selasa (10/3), 16 ekor sapi jenis Bali mendarat di Koto Baru Dharmasraya. Sapi-sapi tersebut bukan sapi sembarangan. Sapi-sapi pilihan untuk program Kampung Ternak (Kater) Dompet Dhuafa Singgalang. Sudah diseleksi kesehatan dan kemampuan untuk berkembang biaknya. Yang jantan, memiliki kriteria khusus tidak majir, buah zakar seimbang, dan tingkat libido tinggi.

Ke-16 sapi yang datang juga sudah divaksinasi. Siap untuk diberdayakan. Sebenarnya ada 20 sapi yang akan menjadi sapi Kater di Dharmasraya, namun keempat sapi lainnya tidak memenuhi kriteria. Ditargetkan, minggu ini keempat sapi baru yang telah diseleksi akan menyusul.

Sapi yang datang, baru delapan sapi anakan untuk penggemukan, dua sapi jantan dan enam sapi betina untuk pembibitan.

Kater merupakan salah satu dari rangkaian Program Pemberdayaan Ekonomi untuk mustahik di bawah naungan Dompet Dhuafa Singgalang. Sapi-sapi diberikan langsung kepada penerima manfaat Kelompok Tani Amanah dengan pola pendampingan dan pembinaan. Satu kelompok penerima manfaat berjumlah 20 Kepala Keluarga. Masing-masing kelompok tersebut akan mendapat satu ekor sapi untuk diberdayakan.

Pendamping Program, Prisman Hidayat, yang merupakan Sarjana Peternakan Universitas Diponegoro fokus membimbing para penerima manfaat dalam proses berternak. Berbagai ilmu peternakan juga ditransfer secara rutin lewat pembinaan.

Bupati Dharmasraya, Adi Gunawan, menyambut baik Program Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa Singgalang ini. Beliau menyatakan dukungannya terhadap stiap program pemberdayaan kaum miskin.

“Alhamdulillah, pola pemberdayaan Dompet Dhuafa sungguh luar biasa. Semoga ini menjadi contoh yang digunakan untuk mengikis kemiskinan masyarakat,” ungkap Adi.

Sementara itu, Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, optimis program ini dapat berjalan sukses. “Kita punya pendamping yang tepat di bidangnya, kita juga punya para penerima manfaat yang semangat untuk dapat hidup lebih layak,” tuturnya.

Pasca datangnya sapi-sapi tersebut, tanggal 18-19 Maret mendatang akan adakan pelatihan untuk kelompok ternak. Pembicara didatangkan langsung dari Jakarta. Pelatihan ini dimaksudkan agar masyarakat mampu secara mandiri mengelola pemberdayaan terhadap sapi yang telah dipercayakan kepada mereka. Selanjutnya, launching Program Kater akan dilangsungkan 20 Maret. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*