Program KB di Payakumbuh Harus Sukses

walikotapayakumbuhPAYAKUMBUH​, PADANGTODAY.COM -Setiap ketemu dengan kaum ibu yang tengah menggendong anak balitanya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, selalu berpesan untuk menyukseskan KB. “Sudah berapa anaknya? Sudah ikut KB,” tanya  walikota.   Ibu-ibu yang ditanya menjawab beragam. Ada yang mengatakan baru satu, sudah dua atau tiga. “Kami sudah memakai spiral pak,” jawab sebagian kaum ibu.

Advertisements

Dialog tersebut kembali terjadi saat Walikota Riza Falepi berkunjung ke Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Jum’at lalu. Di kelurahan berpenduduk sekitar 1.500-an jiwa itu, Walikota  ketemu dengan sejumlah kaum ibu yang tengah  bergotong royong sambil menggendong balita. Begitu walikota menyapa kaum ibu tersebut, spontan mereka meminta foto bersama dengan kepala daerah pilihan rakyat ini.

“Mari kita sukseskan KB dan kesehatan ya,” ajak walikota.

Kabid Kabid KB Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Payakumbuh, Dra.Lili Seprina Hidayani, yang dihubungi di Payakumbuh, Minggu (12/10), menginformasikan, sepanjang  tahun 2014 ini,  BPMP-KB diberi target  2.616 akseptor baru. Per 30 September,  pihaknya sudah mampu menjaring 82%  akseptor baru.

Menurutnya, hingga sekarang  di Payakumbuh sudah tercatat 14.564 peserta KB aktif  dari 16.875  PUS. Angka peserta KB aktif itu  akan terus bergerak naik, karena BPMP-KB bersama SKPD terkait lainnnya dan  TP-PKK Payakumbuh tak henti-hentinya menjaring calon peserta KB baru, sebut Lili Sepriana.

Dalam menjaring peserta KB baru, pihaknya terus mensosialisasikan  pasangan usia subur agar memasang alat kontrasepsi MKJP (mix kontrasepsi jangka panjang), seperti MOP/MOW serta IUD dan implan. Memakai MKJP, tambahnya, lebih efektif dan tidak merepotkan peserta KB, simpulnya.

Terhadap peserta  PUS yang bersedia memasang kontrasepsi MOP (medis operasi pria) dan MOW (medis operasi wanita), akan diantar langsung ke rumah sakit yang melayani  program KB ini di Padang.  BPMP-KB, sebutnya sudah  membeli sebuah mobil bus mini berkapasitas 20 tempat duduk, untuk mengantar calon peserta KB itu ke Padang, tambahnya.(malin)​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*