Program Keluarga Sejahtera Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Padang-today.com___Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) tentunya menjadi sebuah upaya untuk membantu keluarga dalam meningkatkan taraf-taraf kesejahteraan keluarganya. Untuk Itulah DP3AKB mengadakan Sosialisasi tentang Pembinaan Kelompok UPPKS , Pelaporan Kegiatan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga.

Acara yang di gelar di Lantai 3 Aula DP3AKB Karan Aur Kota Pariaman Selasa (30/10) di hadiri oleh Kabid KB Dian Amalius, dan Narasumber Bunda Reffan sebagai Ketua Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU) Provinsi Sumatera Barat.

Materi kegiatan membahas seputar program-program kegiatan yang dapat di langsungkan setiap anggota kelompok UPPKS di tempat atau daerah mereka masing-masing guna mewujudkan  ekonomi keluarga berencana yang lebih baik.

Kabid KB Dian Amalius menyampaikan bahwa Program Keluarga Sejahtera bertujuan untuk membantu keluarga meningkatkan taraf kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga.

Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) memfasilitasinya dengan berbagai upaya Beyond Family Planning , yang meliputi Tri Bina Pembangunan Keluarga yaitu Bina Keluarga Balita , Bina Keluarga Remaja , dan Bina Keluarga Lansia.

Selain itu, UPPKS ini merupakan salah satu kegiatan strategis bagi peningkatan akses dan peluang terhadap penerimaan informasi dan sumber daya ekonomi melalui usaha mikro keluarga.

“Semoga kelompok UPPKS yang sudah vakum selama ini bangkit kembali dan dapat meningkatkan keterampilan , pengetahuan serta mengembangkan usahanya dan mudah mendapatkan bantuan permodalan serta penjualan hasil produknya. Dan saya berharap kembali muncul usaha-usaha baru yang bernilai ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga”,ujarnya

Ketua AKU Provinsi Sumatera Barat Enpawati Enda atau yang lebih di kenal dengan panggilan Bunda Reffan mengatakan bahwa ekonomi keluarga  sebenarnya sudah melekat dalam kegiatan program KB sejak dulunya.

“BKKBN tidak hanya fokus pada pengaturan kelahiran melalui program KB saja namun juga membantu peningkatan ekonomi keluarga karena sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga”, lanjutnya.

Beliau menyarankan agar kelompok UPPKS ini lebih kreatif dalam berusaha dan mencari peluang pemasaran.

Menurutnya untuk pemasaran produk UPPKS tidak perlu muluk-muluk harus ke super market , keluar daerah , atau menunggu penyelenggaraan pameran tapi cobalah tawarkan produk-produk tersebut ke Instansi Pemerintahan , pesta perkawinan dan lainnya.

“Diharapkan seluruh peserta sosialisasi  ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya di bidang usaha , karena dunia usaha itu sangat indah dan menarik untuk dilakukan”, terangnya.

Acara di ikuti oleh 24 orang peserta dari Ketua UPPKS se Kota Pariaman yang membawa hasil produk mereka untuk di perlihatkan kepada Bunda Reffan , ditambah utusan dari Kampung KB  yang ada di Kota Pariaman sebanyak 60 orang. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas