Program TBBS Ciptakan Lingkungan Bersih Erwina:  “Buktikan Kepedulian Kita”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dengan tujuan mengurangi timbunan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA), Dinas Perkim LH agendakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang terhitung sejak 21 Januari hingga 21 April mendatang.Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada TBBS antara lain Goro membersihkan Aliran Air, Goro Membersihkan Kantor, Kampanye Berantai Peduli Sampah, Didikan Subuh Bersih Sampah, tukar Sampah dengan Sembako, car free day, simpanan sampah bajapuik dan masih banyak lainnya.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Erwina Agreni, S.Si, M.Si menjelaskan agenda TBBS merupakan program yang berisi beberapa kegiatan, mulai dari sosialisasi pengelolaan sampah dan gerakan kebersihan di kantor pemerintahan hingga tingkat desa/kelurahan, terminal,  sungai, pasar tradisional, hingga pemukiman.

“Seperti yang telah dilakukan sebelumnya,terhitung dari tanggal 21 Januari 2018 kemarin sampai tiga bulan kedepan, kita jadikan kota Padang Panjang ini  sebagai momentum dimana kita betul-betul harus bisa melaksanakan pengelolaan sampah untuk kota kita menjadi lebih bersih,” tegas Erwina diruang kerjanya, Rabu kemarin (21/2).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu unsur penilaian terhadap kinerja bersama pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan program Tiga Bulan Bersih Sampah. Keberhasilan program ini akan menjadi salah satu indikator untuk daerah yang menerima penghargaan kebersihan Adipura Tahun 2018.

Dari kesemua program yang diagendakan beberapa program telah terlaksana dengan baik, dan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Kampanye Berantai “Peduli Sampah” dan Didikan Subuh “ Bersih Sampah”.

Erwina menambahkan kedua agenda diatas akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dan untuk Kampanye Berantai, akan dilaksanakan dengan menurunkan kader untuk melakukan kampanye peduli sampah. Kader tersebut nanti akan diberi bekal serta tugas utamanya adalah mengajak masyarakat untuk peduli kebersihan.

“Kader-kader itu nantinya akan kami tugaskan untuk melakukan kampanye peduli sampah, mengajak masyarakat dengan menggunakan semboyan “jangan lupa pilah sampah ya”, jelas Erwina.

Kader ini nantinya akan melaksanakan tugasnya pada dinas- dinas, masyarakat pasar, tukang ojek, sopir, tempat ibadah, serta sekolah-sekolah. Setelah di sosialisasikan oleh Kader, baru akan terjadi kampanye berantai.

“Salah satu contoh setelah kader mensosialisasikan pada tukang ojek, nanti si tukang ojek saat penumpang ojek sudah turun dan telah membayar ongkosnya, tukang ojeknya bakalan bilang “jangan lupa pilah sampah ya buk atau pak”, dengan kata tersebut kita berharap nanti akan berlanjut, dari tukang ojek ke penumpang, penumpang diteruskan lagi pada masyarakat dan akan terus seperti itu,” tutur Erwina.

Tidak hanya itu, Perkim LH juga akan berkoordinasi dan kerjasama dengan pengawas MDA di masjid atau mushalla yang ada di Padang Panjang agar mengajak anak didiknya peduli serta bersih sampah, tambah Erwina.

“Setiap santri Didikan Shubuh, kami minta kepada pembimbing MDA mengajarkan kepada peserta didiknya peduli serta bersih sampah.

Selama agenda TBBS berlangsung kampanye tersebut akan terus dilaksanakan sampai akhirnya akan menjadi sebuah kebiasan untuk masyarakat Padang Panjang peduli akan kebersihan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*