Proyeksi Program Dompet Dhuafa 2015

 

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.com– Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa memprioritaskan program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan pada tahun 2015 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, Kamis (1/1).

Pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang diteruskan dari Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini. Selain memprediksi jumlah angka kemiskinan akan meningkat pada tahun depan, Dompet dhuafa menilai pemberdayaan ekonomi merupakan faktor utama dalam memberantas kemiskinan. “Jika ekonomi diperbaiki, kemiskinan dapat diubah menjadi kemampuan sehingga taraf hidup kaum dhuafa bisa lebih baik,” paparnya.

Program ekonomi yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa bersifat pemberdayaan langsung seperti pendampingan usaha kecil, pemberian modal usaha, pemberian keterampilan dan juga pemberian modal kepada kelompok-kelompok, yakni kelompok pesisir yang menanam rumput laut, peternakan dan juga petani. Program ini akan tetap dijalankan pada tahun depan dengan peningkatan biaya.

Untuk program unggulan kedua, ada bidang pendidikan. Seperti yang diterangkan Ahmad Juwaini, salah satu penyebab kemiskinan lainnya adalah karena kaum dhuafa tidak memperoleh pekerjaan yang bagus. Hal ini tentu saja disebabkan pendidikan mereka yang rendah dan tidak sesuai dengan kriteria perusahaan.

“Untuk itu, melalui program beasiswa yang diberikan oleh Dompet Dhuafa, kaum dhuafa yang berprestasi dapat melanjutkan pendidikan sehingga mereka dapat bekerja di perusahaan yang bagus dan gaji yang diperoleh dapat memenuhi kebutuhan,” katanya.

Selain beasiswa, Dompet Dhuafa juga telah mendirikan sekolah yakni sekolah Al Syukro, Institut Kemandirian, Makmal Pendidian, SMART, SSC, Sekolah Tinggi Umar Usman dan Sekolah Guru Indonesia. Sekolah gratis untuk dhuafa tentu sangat meringankan beban mereka dalam usaha mendapatkan pendidikan yang layak.

Sementara untuk program Kesehatan dan sosial, akan dijadikan program pendukung. “Harapan kita bersama, tahun 2015 dapat menjadi tahun yang pesat bagi peningkatan taraf hidup kaum dhuafa,” pungkasnya. (dil/winda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*