PU Agam Sosialisasikan Kegiatan

AGAM,PADANGTODAY.COM -Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Agam, Selasa (4/11) menggelar sosialisasi program pembangunan infrastruktur pedesaan (PPIP) di Aula kantor PU Sungaijariang Kecamatan Lubukbasung. Acara tersebut diikuti oleh 100 lebih peserta yang terdiri dari Wali Nagari, Camat, dan tim pendamping PPIP.

Advertisements

Sosialisasi program tahun 2014 tersebut adalah dengan program pembangunan Insfastruktur Perdesaan, meningkatkan dana yang diperoleh setiap Nagari pada tahun 2015. Pada sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Satuan Kerja (Saker) Provinsi Sumatra Barat, tenaga ahli manajemen Provinsi Sumbar, tenaga ahli manajemen Kabupaten Agam, fasilitator masyarakat, serta organisasi masyarakat, kelompok penerima dan pemamfaat Kecamatan.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk mengetahui bagaimana teknis dan pelaksanaan PPIP. Sesuai keputusan Menteri Pekerjaan Umum RI  Nomor 386/KPTS/M/2014  Kabupaten Agam mendapatkan bantuan untuk 45 Jorong dengan masing-masing jorong mendapatkan bantuan Rp 100 juta  di 11 Kecamatan,” kata Nelfendri Ketua tim pelaksana PPIP Kabupaten Agam.

Nelfendri menambahkan, dalam program PPIP itu bertindak sebagai pelaksana adalah Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), sedangkan tokoh di nagari bertindak sebagai tim pengawas pembanguan.

”OMS ditetapkan melalui musyawarah di masing-masing Nagari, sementara target pelaksanaan PPIP adalah peningkatan infrastruktur pedesaan, baik dalam pembuatan jalan, drainase, irigasi, lapen serta mengurangi angka kemiskinan dan lainnya. Dan yang terpenting tidak berbenturan dengan program lain seperti PNPM,” tambahnya.

Sistem pendapatan dana dari pusat itu bertahap.Tahap pertama pada tahun 2014 untuk 45 jorong masing-masing mendapat Rp100 juta, kemduian tahap ke dua pada tahun 2015 dengan masing-masing jorong mendapat Rp 150 juta. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*