Puan Maharani, Manfaatkanlah Bantuan Ini Dengan Sebaik baiknya

Menteri PMK, Puan Maharani menyambangi Padangpariaman bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit

Menteri PMK, Puan Maharani menyambangi Padangpariaman bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit

Advertisements
Padangpariaman,PADANG-TODAY.COM__Padangpariaman, Sumbar, mendapat kunjungan kerja kedua dari Menko PMK Puan Maharani setelah sebelumnya pada tahun 2010 dalam rangka Pelantikan Bupati Padangpariaman.Kunjungan kali ini dipusatkan di Pasar Nagari Sintuak, Kenagarian Toboh Gadang, Padangpariaman, Jumat 29-04-2016.

Sebelumnya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ‘PMK’ Puan Maharani telah menyambangi berbagai daerah di Sumatera Barat,seperti daerah Kepulauan Mentawai, Kota Padang, Kota Padangpanjang, Kota Bukittinggi, Lima Puluh Kota, dan Padangpariaman.

Kunjungan PMK dengan tema ‘Pertemuan dengan Kelompok Usaha Bersama dan Pengembangan Ekonomi Berbasis Budaya’ digelar selama
tiga hari berturut-turut.

Terkait dengan hal itu, dalam siaran Persnya, Menko PMK sangat menyambut baik kegiatan ini, karena upaya penguatan ekonomi kerakyatan berbasis Budaya.

“ Program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Budaya ini sangat baik, karena upaya penguatan ekonomi rakyat nyatanya dapat disandingkan pula dengan upaya promosi dan pengembangan aneka produk kekayaan budaya asli Indonesia yang sesungguhnya adalah bagian dari kepribadian bangsa, jelasnya.

Dijelaskan, ditunjuknya Sumatera Barat sebagai lokasi kunjungan kerja kali ini, karena mengingat kekayaan budaya dan tradisinya yang sangat kental akan nilai nilai luhur, kekerabatan, kultural, moral, dan religi, serta Aneka kekayaan dan kearifan lokal khas Sumatera Barat. Semuanya itu dapat dilihat dan ditemukan dalam bentuk produk yang kini banyak dikembangkan seperti tenun, arsitektur, kesenian, kuliner, dan lain sebagainya. Bahkan, dari setiap daerah yang ada, dapat dipastikan kalau setiap daerah itu memiliki produk unggulannya masing-masing.

Puan menegaskan, penguatan ekonomi rakyat berbasis budaya, membutuhkan gotong royong dari berbagai pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan masyarakat. Oleh karena itu, Puan berharap, setelah kegiatan ini digulirkan, diharapkan ada tindak lanjut yang berkesinambungan dan dapat bekerjasama dengan Kementerian, Lembaga terkait seperti Kementerian Koperasi dan UKM, program-program CSR dari BUMN, dan lain sebagainya, terangnya.

“Mari bersama-sama kita jadikan masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia menjadi masyarakat yang lebih sejahtera melalui pengembangan usaha berbasis budaya,” imbauan Menko PMK.
Kesempatan yang sama Menko PMK juga sempat berdialog bersama warga penerima manfaat Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Menko PMK menegaskan kepada penerima bantuan, agar dapat digunakan dengan maksimal dan sebaik baiknya. Artinya, manfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan keluarga, jelas Puan.

“Pemerintah membantu masyarakat, untuk itu masyarakat dapat mengunakan bantuan tersebut dengan azaz manfaat. Artinya, gunakanlah dana tersebut untuk keperluan rumah tangga, seperti keperluan sekolah anak, dan kesehatan,” tandas Puan.

Menko PMK sendiri sempat memberikan sejumlah bantuan untuk Pemkab Padangpariaman diantaranya, Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 9,9 Milyar dari Kemensos, dan 1 unit Motor TRC
dari Kemensos, penyerahan Simbolis bantuan KUBE serta bantuan computer, bantuan bangunan laga-laga, alat teknologi Tepat Guna dari BKKBN mesin jahit dan bantuan mesin bordir dari Bank Mandiri.
Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Sartono, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan I Nyoman Shuida dan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan
Hazwan Yunas. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*