Puasa, Atlet PON Sumbar Tetap Latihan, Program Sedang Disusun Tim Satgas

Wahyudi Putra peraih 3 emas cabang atletik PON Remaja di Surabaya.

Wahyudi Putra peraih 3 emas cabang atletik PON Remaja di Surabaya.

Advertisements

PADANGTODAY.COM -Pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON XIX 14 Juni mendatang yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, tampaknya tidak akan mempengaruhi persiapan Sumatera Barat.

PLT Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful SH mengatakan, selama puasa atlet tetap menggelar latihan. Untuk program latihan di bulan puasa ini, semua akan diatur tim Satgas Pelatda PON Sumbar. Persiapan atlet Sumbar saat ini sudah lama dimulai. Jadi kalaupun nantinya pelaksanaan Pelatda bertepatan dengan bulan puasa maka hal tersebut sama sekali tidak akan mempengaruhi persiapan atlet.

Dijelaskan, waktu Pelatda yang hanya tiga bulan, tentunya program latihan para atlet harus tetap berjalan agar hasil yang dicapai akan dapat lebih maksimal nantinya.

“Mau tidak mau program latihan yang telah disusun tim Satgas haruslah terus dijalankan. Kalau lantaran bulan puasa kami harus merubah program hal tersebut akan merusak kondisi para atlet yang sudah mencapai beberapa persen persiapannya,” jelasnya, Syaiful

Katanya, program latihan tentunya harus terus dilaksanakan guna mencapai hasil yang maksimal. Persoalan bulan puasa memang sedikit banyak akan berpengruh pada kondisi para atlet.

Kalaupun ada toleransi terhadap para atlet lanjutnya, akan diberikan dengan pengurangan volume latihan ataupun jadwal pelaksanaan latihan yang dipindahkan dari siang hari menjadi malam hari.

Selain itu, selama ini atlet sudah biasa, latihan di bulan puasa. “Kami akan memberikan gizi yang benar-benar baik kepada atlet,” terangnya.

Sebab energi yang dikeluarkan untuk latihan dibulan puasa,ungkapnya, akan jauh lebih banyak dari pada saat latihan di hari biasa. Tetapi dirinya menjamin, bulan puasa tidak akan menjadi penghambat bagi atletnya untuk tidak latihan.

“Kami mengejar prestasi terbaik di PON XIX nantinya, jadi kami inginkan bagaimana para atlet berlatih dengan maksimal. Walaupun di bulan puasa tetap menjalani program latihan yang berat,” ujarnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*