Pupuk Organik Semakin Diminati Petani Tanah Datar

images-(27)

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Pupuk organik semakin diminati oleh petani di tanah datar ,salah satunya Petani yang tergabung dalam anggota Kelompok Tani (Keltan) Tanjung Mutiara, Nagari Lubuk Jantan, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Kelompok Tani ini terus menggunakan bahan-bahan organik (alami) dalam bercocok tanam,disamping aman dan mudah didapat ,para petani ini merasakan besarnya mamfaat memakai pupuk organik.

“Kami memproduksi pupuk organik sendiri karena bahan-bahannya ada di sekitar kami sehingga biaya produksi rendah dan memperoleh hasil berlipat ganda,” kata Ketua Keltan Tanjung Mutiara, Fahmi di Batusangkar Selasa (12/5).

Fahmi menyebut banyak manfaat yang diperoleh kalau petani memakai pupuk organik, diantaranya kesuburan tanah akan bertambah karena tanah selama ini sudah dicemari bahan kimia. Kemudian, efisiensi biaya karena pupuk organik bisa dibuat sendiri oleh petani, produksi meningkat dan tingkat kesehatan masyarakat meningkat karena tidak lagi memakai pupuk kimia.

Ia mengapresiasi Satuan Tugas Organik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar yang telah memberikan sertifikat ISO Organik kepada Keltan Tanjung Mutiara sebagai produsen pangan organik dengan Nomor SNI 6729.2013 dalam bentuk ruang lingkup padi. “Keberhasilan yang diraih ini melalui kegiatan kelompok yang dikelola secara organik tanpa zat kimia,” katanya.

“Pemerintah daerah menginginkan agroidustri beras dapat tumbuh di wilayah Tanah Datar sehingga berdampak positif terhadap serapan tenaga kerja serta meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,”tambahnya. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*