PUSAT KOTA PAYAKUMBUH MACET TOTAL

Festival drumband HUT Kota Payakumbuh ke-44 meriah.

Festival drumband HUT Kota Payakumbuh ke-44 meriah.

Advertisements

Lomba Drum Band Pelajar Semarak

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pusat Kota Payakumbuh sepanjang Selasa (2/12) berubah menjadi lautan manusia. Seratus lebih unit drum band, mulai dari tingkat SD, SMP/MTs hingga tingkat SMA/SMK/MA,  terlibat dalam Festival Drum Band dalam rangkaian kegiatan HUT ke-44 Kota Payakumbuh. Festival ini menjadi magnit sangat kuat untuk memancing emosi publik untuk menyaksikan atraksi yang cukup atraktif dari seluruh peserta.

Berjubelnya warga kota dan masyarakat dari daerah tetangga Limapuluh Kota menyaksikan Festival Drum Band itu, membuat arus lalulintas menuju pusat kota macet total.  Ribuan manusia memenuhi ruas jalan yang dilewati peserta festival. Festival Drum Band yang dimulai pukul 09.00 WIB berakhir sekitar pukul 17.00 WIB.

Panitia menyediakan dua panggung kehormatan dalam festival ini. Satu panggung di Jalan A. Yani, di depan Pasar Ibuah Barat, buat dewan juri menilai atraksi peserta festival. Satu panggung lagi di Jalan Sudirman di depan Kantor PT Pos, buat  anggota Muspida dan pimpinan SKPD serta pejabat lainnya, menyaksikan penampilan peserta.

Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar didampingi Kepala Disparpora Syahnadel Khairi, bersama Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan sejumlah pejabat kota ini, memberikan apresiasi terhadap penampilan peserta. “Sulit bagi kita memilih siapa yang terbaik dalam festival ini. Karena, semuanya punya kelebihan tersendiri dalam  atraksi,” sebut Wawako Suwandel  dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi.

Baik Wawako Suwandel dan Ketua TP-PKK,  Ny. Henny Riza Falepi, sama-sama mendorong Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga sebagai penyelenggara, untuk lebih berani mensosialisasikan kegiatan Payakumbuh Karnaval dan Festival Drum Band serta iven Pekan Seni Kota Batiah, sebagai paket kalender wisata tahunan. Iven ini, diyakini bakal mampu menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Payakumbuh, katanya.

Nada yang sama juga dilontarkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Sumatera Barat, melalui Kabid Seni Budaya Syafri M. Menurut Syafri, paket acara Payakumbuh Karnaval, Festival Drum Band dan Pekan Seni Kota Batiah, layak dijual untuk tujuan wisata.

”Dengan menambah beberapa sentuhan lagi, iven ini  layak dijual ke luar provinsi,” tegasnya.

Festival Drum Band itu, dikatakan Kadisparpora Syahnadel Khairi, diikuti 50 drum band kelompok SD, 9 SMP dan 9 SMA/SMK/MA, total 68 unit drum band. Panitia menyediakan hadiah berupa tabanas, piagam penghargaan dan trofi untuk semua kategori peserta.

Festival bergerak dari garis star di Jalan Jeruk Labuh Basilang, melewati Jalan A. Yani dan Jalan Sudirman Payakumbuh, menempuh jarak lebih kurang 3 km.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*