Rabu, Cuaca Tak Bersahabat, Angin Kencang Hantam Payakumbuh, BPBD Bergerak Cepat

Bencana angin kencang dan hujan lebat di Payakumbuh

Bencana angin kencang dan hujan lebat di Payakumbuh

Bencana angin kencang dan hujan lebat di Payakumbuh

Bencana angin kencang dan hujan lebat di Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Akibat angin kencang dan hujan deras ,tiga buah rumah masing-masing milik Resmiwati 45 tahun, RT 1 RW 4 semi permanen 4x 6 m, Jam 19 .00 Wib dihantam batang jengkol, sehingga jebol sampai ke loteng rumah di kelurahan napar Kecamatan Payakumbuh Utara.

Begitu juga rumah permanen 7x14m milik Pak Yus di kelurahan Parit Rantang Payakumbuh barat juga ditimpa pohon durian dan jebol atapnya. Rumah semi permanen 6x6m milik Radius 79 tahun warga RT 3 RW 2 kelurahan Parik Muko Aia kecamatan Latina atapnya diterbangkan angin sejauh 15 meter.

Ada beberapa batang kayu roboh ke jalan dan sawah, masing-masing di Kelurahan Cubadak Air, dua buah batang mangga roboh menutup jalan lingkar kantor camat Payakumbuh Utara. Sedangkan di Tiakar Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, tepatnya di belakang kantor Samsat Kota Payakumbuh , batang pokat menghantam kabel listrik sehingga warga yang berada di sekitar samsat tersebut terpaksa bergelap-gelap semalam.

Malam itu juga Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Kota Payakumbuh, telah berhasil membersihkan pohon yang menutup jalan dan telah memotong pohon yang menimpa rumah warga tersebut.

Hal tersebut disampaikan Dipa Surya Persada Kabid Kedaruratan dan Logistik badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Payakumbuh, di Aula BPBD Kota Payakumbuh, ketika kembali memonitor kejadian yang terjadi di beberapa tempat, Selasa malam sampai Rabu (6/5).

Selanjutnya, Dipa menyampaikan bahwa dalam beberapa hari ini kondisi daerah kita ini, memang agak eksrim, pagi sampai siang panas sekali dan sorenya hujan dan ditambah angin ribut. Untuk itu kami berharap masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan untuk menguranggi dampak korban jiwa dan korban harta,” ujar Dipa.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Payakumbuh Ir Yufnani Away MM, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. BPBD telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengurangi risiko bencana di wilayah Kota Payakumbuh.

”Kegiatan sosialisasi bencana alam, maupun bahaya kebakaran dan juga kegiatan aksi pengurangan risiko bencana, kusus aksi pengurangan risiko bencana untuk sembilan kelurahan telah dilaksanakan aksinya. Alhamdulilah tidak terjadi bahaya atau bencana di daerah tersebut, terutama bencana yang ditimbulkan oleh angin punting beliung,” ujar Yufnani Away.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*